Surakarta (ANTARA) - Sekitar 1.000 pengusaha dari berbagai sektor di Solo Raya mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Sabtu (6/4) malam bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Mereka menargetkan dapat memberikan suara hingga 80 persen di Solo Raya untuk pasangan Capres Jokowi-Amin.
Para pengusaha yang hadir dari beragam sektor sepertu tekstil, perdagangan hingga pertanian itu di bawah komando Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Pria berkumis tebal itu mengatakan agar pengusaha tidak perlu khawatir menegaskan keberpihakannya.

"Pengusaha Solo tidak perlu takut menghadapi pemilu pada 17 April mendatang. Pemerintah yang menjamin keamanannya bersama TNI-Polri, saya menjamin keamanannya," katanya.

Rencananya, deklarasi dukungan untuk pemenangan capres nomor urut 01 ini hanya mengundang sekitar 350 pengusaha di Solo Raya, namun pengusaha yang mendapat undangan tersebut lantas saling memberi tahu pengusaha lain yang justru menarik minat banyak pengusaha untuk ikut hadir.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebutkan seluruh pengusaha Solo Raya ini sudah berkomitmen mendukung pasangan Capres Jokowi-Amin.

"Ini banyak teman-teman pengusaha komitmen tinggi mereka mendeklarasikan tadi mendukung Pak Jokowi," ujarnya.

Kendati demikian, Ganjar tidak ingin sekadar deklarasi ini hanya menjadi pepesan kosong sehingga dirinya pun menargetkan pengusaha tersebut agar mampu mendongkrak suara Capres 01 meraih suara 80 persen di Solo Raya, terlebih mereka memiliki puluhan ribu karyawan.

"Kalau melihat semangat mereka, wah kalau tidak mencapai 80 persen, ini Pak yang tanggung jawab (FX Hadi Rudyatmo, red)," katanya.

Ganjar juga berpesan pada para pengusaha agar menganjurkan seluruh karyawannya untuk mencoblos pada 17 April mendatang.
Jika ada yang hendak liburan, Ganjar menekankan agar terlebih dahulu ke TPS dan menyumbangkan suaranya.

"Saya pesan keluarganya, karyawannya jangan piknik dulu, nyoblos dulu pagi hari. Yang libur ya libur, jadi datang nyoblos terus silakan kalau mau piknik. Kalau mereka lembur ya suruh ngatur perusahaannya, tapi kan harinya libur," ujarnya.

Selain deklarasi, acara tersebut juga diisi dengan dialog interaktif tentang berbagai hal dunia usaha di Jawa Tengah.

Ganjar berharap pengusaha terus memberi kontribusi positif pada perkembangan perekonomian di Jateng.

"Kalau pengusahanya benar, pemerintahan juga berjalan pada track yang benar, rakyat makmur. Kan ini yang kita cita-citakan," kata Ganjar.

Sebelum acara usai, seluruh peserta juga melakukan tarian "flashmob" goyang jempol dengan iringan lagu Meraih Bintang yang ditenarkan penyanyi Via Vallen sebagai jingle Asian Games 2018.

Salah seorang pengusaha, Andreas BW misalnya yang tetap semangat meski waktu semakin larut.

"Deklarasi memang tidak selamanya serius, tapi bisa dilakukan dengan bahagia namun tetap bekerja keras meraih target suara," katanya.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024