Purwokerto (ANTARA) - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 4 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (1/4) berlangsung dengan lancar dan tertib.

"Tadi semuanya lancar, internetnya juga lancar," kata siswa SMAN 4 Purwokerto, Tiara amanda (18), usai UNBK di Purwokerto, Senin.

Menurut dia, soal-soal yang terdapat dalam UNBK tersebut juga tidak terlalu sulit. "Soal yang diujikan secara keseluruhan tidak begitu sulit, bahkan bisa dibilang cukup mudah dikerjakan kecuali Matematika. Menurut saya soal-soal matematikanya agak sulit," katanya.

 

Siswa lainnya, Trinita Riski (17) menambahkan meskipun soal dalam UNBK tidak begitu sulit, mata pelajaran Bahasa Inggris yang diujikan cukup menantang.

"Bahasa Inggrisnya agak sulit terutama bagian soal yang berbentuk narasi panjang, jadi harus fokus membaca dan memahami soal tersebut," katanya.

Dia juga menambahkan dirinya tidak menemukan kendala listrik atau internet saat mengerjakan UNBK.

"Tidak ada mati lampu, semuanya baik-baik aja," katanya.

Siswa lainnya, Syella Aditya (16), menambahkan soal mata pelajaran Bahasa Inggris memang cukup sulit.

"Kalau suara sih jelas namun memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahaminya, selain itu Matematika juga agak susah," katanya.

Dia juga menambahkan tidak menemukan kendala teknis saat mengerjakan soal-soal tersebut.

"Alhamdulillah lancar semua, listrik dan internet lancar," katanya.

Berdasarkan data Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jateng, UNBK SMA/MA/SMALB di Kabupaten Banyumas dilaksanakan di 55 SMA/MA dengan total peserta 7.006 siswa serta di dua SMALB dengan jumlah peserta enam siswa penyandang tunarungu. Seluruhnya merupakan penyelenggara UNBK mandiri.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024