Solo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Boyolali memberikan bantuan 15 unit kendaraan roda tiga kepada kelompok tani yang dapat dimanfaatkan mendukung kegiatan masa panen para petani di enam kecamatan.

"Ada 15 kelompok tani terpilih dari enam kecamatan yang mendapat bantuan masing-masing satu unit kendaraan roda tiga untuk mendukung masa panen," kata Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto, di Boyolali, Minggu.

Menurut Bambang Jiyanto, hal tersebut sebagai salah satu wujud perhatian Pemkab Boyolali kepada para petani perkebunan dengan diberikan sejumlah fasilitasi untuk pengelolaan hasil pascapanen.

Jiyanto mengatakan fasilitas berupa sarana angkutan komoditas perkebunan kendaraan roda tiga yang dibagikan kepada 15 kelompok tani tersebut untuk mendukung pascapanen petani perkebunan, yang meliputi daerah Kecamatan Selo, Cepogo, Musuk, Ampel, Andong dan Kemusu.

"Kami berharap kendaraan roda tiga ini, untuk mendukung petani saat pascapanen perkebunan di Boyolali. Mudah-mudahan untuk kegiatan perkebunan khususnya petani perkebunan bisa sejahtera," katanya.

Dia mengatakan untuk Kecamatan Selo, terdapat lima kelompok tani yang mendapatkan bantuan alat perkebunan, Musuk (empat kelompok) tani.

"Kecamatan Ampel, Andong, masing-masing dua kelompok tani, sedangkan Cepogo dan Kemusu masing masing terdapat satu kelompok tani yang mendapatkan bantuan," katanya.

Menurut dia, kelompok tani yang mendapatkan bantuan kendaraan roda tiga tersebut, mereka yang terpilih memenuhi syarat teknis dan administrasi. Pemenuhan syarat yang diajukan oleh kelompok tani melalui proposal ke Dispertan, sehingga pemberian bantuan dari APBD tersebut dapat sesuai prosedur yang berlaku.

"Kendaraan roda tiga ini, dengan dana APBD, setiap satu unitnya senilai Rp27 juta," katanya.

Menurut Sutrisno salah satu petani kopi dan cengkeh asal Kelompok Tani Dewi Sri Kecamatan Ampel merasa senang dengan pemberian bantuan perkebunan kendaraan roda tiga ini.

"Kami berharap dengan bantuan ini, dapat lebih mensejahterakan para petani yang ada di Kabupaten Boyolali. Kendaraan ini, akan digunakan kelompok taninya untuk menunjang paskapanen dari hasil perkebunan," katanya. 






 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024