Semarang (ANTARA) - BPJS Kesehatan terus meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat untuk mengurus sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) salah satunya dengan Mobile Costumer Service (MCS).

“Kegiatan MCS ini merupakan suatu upaya kami dalam mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya peserta JKN-KIS di tiap-tiap kecamatan di Kota Semarang untuk memberikan pelayanan terbaik dalam pengurusan kartu JKN-KIS serta mengurangi antrian peserta di kantor BPJS Kesehatan,” kata Tony Irawan, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Semarang.

BPJS Kesehatan Cabang Semarang, lanjut Tony, telah mengawalinya sejak Januari 2019, peserta tidak perlu repot-repot pergi ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus berbagai keperluan karena sudah ada MCS yang hadir secara rutin di berbagai titik, dengan tujuan membantu warga yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan.

Melalui MCS, masyarakat bisa mendapatkan informasi program JKN-KIS, pelayanan pendaftaran peserta baru, cetak kartu, edukasi terkait autodebet, pembayaran iuran JKN-KIS dengan menggunakan mesin EDC, mempromosikan aplikasi Mobile JKN, serta membantu mendownload dan mendaftarkan aplikasi mobile JKN pada ponsel warga yang belum registrasi, dan peserta juga dapat melakukan perubahan data peserta/faskes, skrinning kesehatan sampai pengaduan keluhan dapat disampaikan melalui aplikasi Mobile JKN.

Selain itu dengan mendownload aplikasi Mobile JKN, peserta juga bisa memperoleh KIS digital di handphone yang bisa digunakan sebagai identitas peserta ketika akan memperoleh pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Masyarakat mengaku sangat terbantu dengan kehadiran MCS seperti yang disampaikan Ahmad Saefudin.

“Saya merasa terbantu dengan adanya layanan BPJS Kesehatan di sini. Saya sedang mengurus dukcapil. Karena ada layanan MCS, jadi sekalian. Saya tidak perlu jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan," kata Achmad Saefudin salah satu peserta yang mengunjungi MCS di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Semarang. ***

 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024