Semarang (ANTARA) - Bank Jateng Cabang Cilacap memberikan bantuan modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Gelar Prosesi Bobok Bumbung PBB Desa di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap yang merupakan tradisi tahunan.

Penyerahan bantuan kepada tiga UMKM yang masing-masing mendapat bantuan Rp3 juta tersebut secara simbolis diberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di lapangan desa setempat, Senin (4/3).

Pimpinan Cabang Bank Jateng Cilacap Isnu Widiyantoro mengatakan pemberian bantuan tersebut merupakan program Bakti Desa Bank Jateng 2019 yang mendukung program Bupati Cilacap Bangga Mbangun Desa.

“Jadi Bakti Desa ini merupakan peran Bank Jateng untuk ikut memberdayakan masyarakat maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat. Bantuan ini dalam bentuk infrastruktur, bedah rumah, dan lain sebagainya,” katanya.

Kegiatan diberikan kepada satu desa terpilih di masing-masing kecamatan dan akan ada 24 desa yang mendapatkan bantuan tersebut.

Saat ini, sudah ada tiga kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut, di antaranya ada yang mendapat 100 sak semen per desa, RTLH dua rumah per desa dan bantuan modal UMKM.

“Paling tidak ini menjadi stimulan di masyarakat utamanya yang bantuan modal ini UMKM di desa bisa tumbuh. Dengan stimulan ini ke depan mereka bisa mengambil modal yang lebih besar lagi dalam bentuk kredit baik mitra 25 atau kredit KUR,” katanya.(KSM)

 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024