Purwokerto (Antaranews Jateng) - Harga komoditas bawang putih di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, masih cenderung tinggi yaitu sekitar Rp40 ribu per kilogram.

"Harganya naik turun tapi cenderung masih tinggi, pekan lalu sempat Rp38 ribu per kilogram lalu turun jadi Rp35.000-an sekarang naik lagi," kata salah satu pedagang di Pasar Manis, Waryah (49) di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Dia mengatakan pada saat normal harga bawang putih hanya sekitar Rp28 ribu - Rp30 ribu per kilogram.

"Beberapa hari ini pasokan bawang putih dari petani ke pedagang juga sedikit menurun meskipun tidak terlalu menurun hanya turun sedikit saja, mungkin karena sedang musim hujan dan cuaca juga tidak menentu," katanya.

Sementara harga bawang merah, kata dia, Rp30 ribu per kilogram padahal beberapa hari sebelumnya harganya sekitar Rp22 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah juga naik turun, padahal pasokan dari petani lancar dan tidak ada kendala pengiriman," katanya.

Dia menambahkan kualitas kedua jenis bawang tersebut juga bagus meskipun harganya fluktuatif.

Pedagang di Pasar Manis Purwokerto lainnya, Sumi (48) menambahkan harga berbagai jenis sayuran juga mengalami kenaikan.

"Sayuran yang lagi naik jagung manis, biasanya Rp 5.000 per kilogram sekarang sekitar Rp7.000 ribu per kilogram," katanya. ? Selain itu, sayur bayam Rp5.000 per ikat biasanya Rp3000 - Rp4.000 per ikat.

"Kalau harga kangkung masih stabil Rp3.000 per ikat, buncis Rp10.000, labu Rp7.000 per kilogram dan wortel Rp12 ribu per kilogram," katanya.

Dia mengatakan kualitas sayuran masih normal seperti biasanya.

Selain itu, pasokan berbagai jenis sayuran dari petani juga stabil dan animo masyarakat untuk berbelanja sayuran di Pasar Manis Purwokerto juga masih tetap tinggi. 

 

 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024