Purwokerto - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dan Universitas Teknologi Malaysia (UTM) sepakat memperkuat kerja sama yang selama ini telah dilakukan dua perguruan tinggi tersebut.

Kesepakatan itu diambil saat delegasi UMP yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasana, Al Islam dan Kemuhammadiyahan Dr. Jebul Suroso, M.Kep. melakukan lawatan ke Malaysia untuk menghadiri undangan Dekan Faculty of Social Sciences and Humanities (FSSH) UTM Prof. Dr. Muhammad Sukri B. Saud beberapa waktu lalu,

Kedatangan delegasi UMP itu disambut Dekan FSSH yang bertindak sebagai co host dalam 3rd International Conference on Technical and Vocational Education and Training yang di selenggarakan di KSL Hotel and Resort Johor Bahru, Malaysia.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Rektor UMP yang didampingi Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP Santhy Hawanti, Ph.D. juga melakukan pertemuan dan diskusi tindak lanjut beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh UMP dan UTM, antara lain PPL internasional, KKN internasional, joint research, dan lecturer attachment.

"Konferensi yang diselenggarakan dua tahunan ini juga melibatkan dosen-dosen UMP sebagai presenter. Ke depan, UMP telah menyiapkan diri untuk dapat menjadi penyelenggara konferensi ini setelah dilaksanakan di Thailand pada tahun 2020 yang akan datang," kata Wakil Rektor UMP Dr. Jebul Suroso, M.Kep.

Sementara itu, Direktur KUI UMP Santhy Hawanti, Ph.D. mengatakan jalinan kerja sama antara UMP dan UTM berjalan makin menguat dan harmonis setelah kurang lebih tiga tahun berkolaborasi dan bermitra dalam menyelenggarakan aktivitas internasional.

Dekan FSSH UTM Prof. Dr. Muhammad Sukri B. Saud mengaku puas atas kerja sama yang telah dilakukan dengan UMP selama ini karena cukup progresif dan aktif dalam melaksanakan kegiatan yang telah disepakati.

Oleh karena itu, kata dia, kerja sama antara UTM dan UMP harus terus dilanjutkan demi kemajuan kedua belah pihak.

"InsyaAllah tanggal 14 Desember ini, kami akan melakukan lawatan ke UMP dan berjumpa dengan teman-teman di UMP untuk menguatkan kerja sama ini," pungkasnya.

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024