Solo (Antaranews Jateng) - Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) merupakan wadah bagi Bank Pembangunan Daerah seluruh Indonesia menggelar undian Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah (Simpeda) "Panen Rejeki" Bank BPD periode ke-2 2019 di Hotel Alila Solo, Jumat malam.

Pada acara pengundian Tabungan Simpeda BPD secara Nasional tersebut dihadiri Direktur Bank Indonesia Jateng, Hamid Ponco Wobowo, Ketua Umum Asbanda Kresno Sediarsi, sejumlah direksi BPD seluruh Indonesia, dan termausk tuan rumah Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Hadiah utama undian Tabungan Simpeda senilai Rp500 juta jatuh pada nasabah Bank BPD Bali, dan hadiah kedua senilai masing-masing Rp100 juta untuk empat nasabah, jatuh Bank Jatim, Bank Bali, Bank Sultra, dan Bank Jateng Cabang Purworejo, atas nama Subiyanto.

Pada acara penyerahan hadiah undian langsung diserahkan oleh Direktur BI Jateng Hamid Ponco Wibowo kepada para direksi perwakilan BPD masing-masing.

Menurut Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, kegiatan akbar Panen Rejeki Bank BPD Periode ke-2 Tahun 29/2019 merupakan program Undian Tabungan Simpeda Nasional. Pengundian periode ini, untuk ketiga kalinya Bank Jateng kembali dipercaya sebagai tuan rumah.

Supriyatno mengatakan Panen Rejeki Bank BPD memiliki total hadiah sebesar Rp6 miliar diundi dua kali setahun atau Rp3 miliar untuk setiap periodenya diperuntukkan bagi 584 penenang dengan hadiah utama Rp500 juta untuk 1 orang nasabah, kemudian hadiah kedua masing-masing Rp100 juta untuk 4 pemenang.

Hadiah ketiga Panen Rejeki ini masing-masing Rp50 juta untuk 26 pemenang, hadiah keempat masing-masing Rp5 juta untuk 26 pemenang dan hadiah kelima masing-masing Rp2,5 juta untuk 26 pemenang, hadiah keenam masing-masing Rp2 juta untuk 52 pemenang, hadiah ketujuh masing-masing Rp1,5 juta untuk 104 pemenang, dan hadiah kedelapan masing-masing Rp1 juta untuk 345 pemenang.

Ketua Umum Asbanda Kresno Sediarsi menambahkan tabungan Simpeda merupakan salah satu produk pemersatu BPD seluruh Indonesia. Pada Penarikan undian tabungan Simpeda Nasional Periode 2 tahun ke-29 di Solo ini, jumlah penabung sampai dengan akhir Desember 2018 berjumlah 7.653.175 penabung dengan jumlah saldo Simpeda sebesar Rp57,78 triliun.

Apabila dilihat dari penarikan undian Simpeda di Manado sampai dengan di Solo, dari sisi penabung terjadi kenaikan sebesar 6,82 persen atau naik sebanyak 488.841 penabung, sedangkan saldo Simpeda meningkat 16,05 persen atau naik sebesar Rp7,99 triliun.

Menurut dia, untuk BPD yang paling banyak menghimpun Tabungan Simpeda sejak lebih dari 10 tahun terakhir, yaitu Bank Jatim, sampai dengan posisi Desember 2018 telah menghimpun Simpeda sebanyak sekitar Rp13,11 triliun atau sebesar 22,69 persen dari Tabungan Simpeda Nasional.

Pada acara malam undian tabungan Simpeda Nasional di Solo, juga dimeriakan artis terkenal dari ibukota, Bunga Citra Lestari (BCL) dan Tompi yang menghibur para nasabah BPD yang hadir di Hotel Alila.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024