Temanggung (Antaranews Jateng) - Para pegawai di lingkungan sekretariat daerah dan sejumlah organisasai perangkat daerah di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat melakukan  gerakan membersihkan lingkungan kota dari sampah dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019.
     
Para pegawai usai apel pagi langsung bergerak melakukan kegiatan kebersihan dengan sasaran membersihkan lingkungan jalan kota, antara lain ruas Jalan Tentara Pelajar, A. Yani, dr. Cipto, S. Parman, dan Taman Pancasila.

Sampah-sampah yang berserakan di jalanan  disapu atau dipungut  kemudian dimasukkan kantong plastik. Tidak hanya sampah saja yang dibersihkan, namun berbagai tanaman bunga  juga tidak luput dirapikan dengan dipangkas dan dibersihkan dari tanaman liar yang menempelnya.

Kabag Humas Pemkab Temanggung Witarso Saptono Putro menjelasklan gerakan bersih sampah  dilakukan para pegawi dalam memperingati Hari Peduli sampah nasional 2019 guna   mendukung  terwujudnya lingkungan kota yang bersih, indah dan nyaman.

Melalui kegiatan tersebut, katanya kebersihan kota akan senantiasa terjaga, lebih-lebih pada tahun 2019 ini Kabupaten Temanggung kembali mendapat penghargaan di bidang kebersihan berupa Adipura.

Menurut dia pengerahan pegawai dalam kegiatan kebersihan untuk memberikan keteladanan mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik  dilandasi  semangat kondisi bersih merupakan satu kebutuhan akan pentingnya budaya bersih.

Ia mengatakan masalah kebersihan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga kewajiban segenap elemen masyarakat. 

"Permasalahan sampah ini menjadi perhatian kita bersama, terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai. Mudah-mudahan dengan adanya peringatan Hari Peduli Sampah ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik," katanya. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024