Purwokerto (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah segera membentuk kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS untuk pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2019.

"Bagian Sosialiasi dan Bagian Hukum kami sedang rapat di Semarang untuk pembahasan mengenai pembentukan KPPS," kata Anggota KPU Banyumas Hanan Wiyoko di Purwokerto, Selasa.

Pihaknya akan merekrut 38.059 anggota KPPS Kabupaten Banyumas. Dia menambahkan di Kabupaten Banyumas ada 5.437 tempat pemungutan suara atau TPS yang tersebar di 331 desa dan kelurahan.

 "Jadi di masing-masing TPS yang ada di Banyumas nantinya ada sekitar tujuh orang yang bertugas," katanya.

 Hanan lebih lanjut juga mengatakan, proses rekrutmen petugas penyelenggara pemilu di tingkat TPS itu secara teknis masih menunggu hasil rapat dan pembahasan oleh tim terkait.

 "Soal perekrutan KPPS, kami masih menunggu hasil rapat tim terkait mengenai berbagai petunjuk teknisnya," katanya.

 Dia juga menambahkan, bagian program dan data KPU Banyumas pada saat ini tengah rapat mengenai kesiapan TPS.

 "Sementara itu Divisi Logistik KPU Banyumas masih melakukan pengepakan sampul surat suara di gudang, dan Divisi Teknis KPU Banyumas mempersiapkan rencana Bimbingan Teknis untuk KPPS," katanya.

 Sementara itu, dia juga menambahkan relawan demokrasi wilayah Banyumas sudah dikukuhkan, dan pada saat ini sudah mulai bekerja membantu KPU dalam menyosialisasikan Pemilu dan Pilpres 2019.

 "Relawan demokrasi sudah dilantik tanggal 21 Januari 2019 kemarin dan sudah mulai bekerja menjadi mitra KPU Kabupaten Banyumas," katanya.

 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024