Solo (Antaranews Jateng) - Seribuan perempuan yang tergabung dalam Komunitas Srikandi Indonesia (KSI) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo- Ma`ruf Amin pada Pemilu 2019, di Gedung Graha Saba Solo, Rabu.

Deklarasi dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma`ruf itu dihadiri ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, dan Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) Ida Fauziah, serta seribuan perempuan pendukung pasangan Jokowi-Ma`ruf.

Menurut Ketua Umum Komunitas Srikandi Indonesia, Yanti Rukmana, KSI dalam menatap masa depan Indonesia mendukung pasangan Jokowi-Ma`ruf pada Pilpres 2019, karena dinilai dapat memimpin Indonesia ke arah kehidupan politik yang bersih dan menjadi pengabdi kepada rakyat.

Pada acara deklarasi itu juga dilakukan diskusi bertema Pemenangan #1 Jokowi-Ma`ruf Amin, dengan menghadirkan dua pembicara yakni Ida Fauziah, Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN, dan Henny Supolo Sitepu, selaku pegiat pendidikan kebinekaa.

Menurut Yanti, KSI diinisiasi aktivis perempuan/pekerja/ibu rumah tangga di Solo. Pemilihan nama Srikandi karena menjadi simbol perempuan dalam tokoh pewayangan dan merupakan suri teladan prajurit perempuan.

Tujuan pergerakan KSI yakni mengangkat harkat dan peran perempuan-perempuan Indonesia untuk lebih baik, sebagai ibu rumah tangga dan pendukung ekonomi keluarga.

"Hal utama dalam aktivitas Srikandi akan membantu kegiatan ekonomi para perajin perempuan, ibu bakul sayur/jamu, pekerja informal termasuk pembantu rumah tangga," katanya.

Kaum perempuan selama ini, kata dia, selain mendampingi suami dalam berumah tangga, juga banyak yang berkarya, seperti KSI yang mempunyai peran melakukan pendampingan industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro dan kecil (UKM), sehingga industri rumahan lebih maju dan berdaya saing.

"Kami melihat dan percaya dengan kepemimpinan pak Jokowi ke depan, IKM dan UKM akan lebih maju. Kami juga memberikan dukungan penuh kepada pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma`ruf Amin," katanya. 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024