Purwokerto (Antaranews Jateng) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) berupaya meningkatkan literasi masyarakat dengan menggelar "Book Fair on Station" di enam stasiun besar, salah satunya Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kegiatan diselenggarakan 14 hingga 18 November 2018 itu dibuka Vice President PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, M.N. Huda D. Santoso di lobi Stasiun Purwokerto, Rabu.

Huda mengatakan kegiatan itu diselenggarakan dalam meningkatkan literasi masyarakat khususnya penumpang kereta api.

"Untuk meningkatkan minat baca, baik buku-buku (ilmu pengetahuan), novel, dan sebagainya. Dengan adanya diskon (pembelian buku) ini diharapkan dapat lebih menarik minat dari para penumpang yang berkunjung ke sini (Book Fair on Station, red.) untuk membeli produk-produk yang ada di sini," jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, ia mengatakan kegiatan "Book Fair on Station" merupakan salah satu upaya PT KAI (Persero) untuk memberikan berbagai pengetahuan kepada masyarakat khususnya pengunjung stasiun dan penumpang kereta api dengan cara yang menyenangkan serta seru.

Oleh karena lokasi kegiatan di stasiun, tambah dia "Book Fair on Station" juga bisa menjadi media edukasi yang unik dan menyenangkan bagi anak-anak.

Dia mengharapkan kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan buku-buku berkualitas dengan harga diskon dan menambah minat baca.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan PT KAI (Persero) untuk pertama kalinya menggelar "Book Fair on Station" di stasiun kereta api bekerja sama dengan Gramedia.

"Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat dengan mendekatkan buku sebagai sumber bacaan di area stasiun ini digelar secara serentak pada tanggal 14 hingga 18 November 2018 di stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, Purwokerto, Semarangtawang, dan Surabayagubeng," terangnya.

Menurut dia, pengunjung "Book Fair on Station" dapat membeli buku-buku berkualitas yang disediakan oleh Toko Buku Gramedia.

Ia mengatakan selama berlangsungnya kegiatan tersebut, pengunjung bisa mendapatkan harga spesial untuk setiap buku yang dibeli karena adanya diskon sebesar 10 persen.

Bahkan bagi pengunjung yang dapat menunjukkan aplikasi "KAI Access" pada telepon pintarnya, sebut dia akan mendapatkan tambahan diskon sebesar 5 persen.

"Dalam kesempatan ini juga akan dilakukan peluncuran komik `Si Loko` yang merupakan sebuah buku berilustrasi dan disusun sebagai bentuk aktivasi brand dari maskot KAI yang bernama Si Loko. Komik Si Loko akan memiliki beberapa seri, seperti `Traveling by Train Series`, `Adventure Series`, dan sebagainya," jelasnya.?

Ia mengatakan komik "Si Loko" dibuat sebagai sarana untuk mendekatkan PT KAI (Persero) kepada pelanggannya khususnya anak muda dengan rentang usia 18 hingga 30 tahun dan sebagai dukungan terhadap Industri kreatif. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024