Semarang (Antaranews Jateng) - Astra Motor Jateng mengajak puluhan anggota Komunitas Honda Vario mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, Sabtu, untuk memperingati Hari Pahlawan.

Melalui kegiatan bertajuk Amazing Race, puluhan pengendara Honda Vario dari Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Demak diajak menelusuri jejak-jejak sejarah yang ada di Semarang, Ungaran, serta Ambarawa.

Bangunan-bangunan bersejarah yang dikunjungi itu adalah gedung Sarekat Islam, Benteng Port Willem I dan II, serta Monumen Palagan Ambarawa.

Kegiatan "Amazing Race" ini dimulai dari kantor Main Dealer Astra Motor Jateng, kemudian menuju keempat bangunan bersejarah yang menjadi saksi perjuangan para pahlawan.

Di sini para peserta "Amazing Race" mendapatkan pengarahan mengenai berkendara secara aman dan mendapat petunjuk pertama yang mengarahkan komunitas menuju pos satu yaitu di Gedung Sarekat Islam.

Di masing-masing pos atau keempat bangunan bersejarah, para peserta akan memainkan berbagai macam permainan yang dirancang untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kerja sama antaranggota komunitas.

Yohanes Kurniawan selaku Region Head Astra Motor Jateng mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperingati Hari Pahlawan dan bertepatan dengan adanya helatan akbar milik komunitas Vario di Ambarawa yaitu Jambore Nasional Paguyuban Vario Nusantara ke-VIII.

"Sejarah kadang membuat kita takut atau malas untuk belajar, makanya dengan adanya kegiatan 'Amazing Race' ini kami coba kemas edukasi sejarah dengan cara yang unik dan menyenangkan, dan cocok dengan para 'bikers' Honda," katanya.

Diharapkan melalui kegiatan "Amazing Race", Honda yang dikenal sebagai "motore wong" Jawa Tengah ingin memberikan edukasi kepada komunitas Vario tentang bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Jawa Tengah khususnya di Semarang dan sekitarnya.

"Selain itu, kami juga berharap para generasi muda dapat memaknai semangat perjuangan pahlawan terdahulu dalam memperjuangkan Tanah Air saat melawan penjajah," ujarnya.

Seusai mengikuti kegiatan "Amazing Race" para anggota komunitas Honda Vario akan mengikuti Jambore Nasional Vario ke-VII yang diadakan di Lapangan Panglima Besar Jendral Sudirman, Ambarawa, Jawa Tengah.

Jambore Nasional Vario merupakan gelaran akbar komunitas pecinta Honda Vario yang telah dilaksanakan sejak 2010.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024