Kudus (Antaranews Jateng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan pendataan keluarga di Kudus terkait program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) selesai pada 2019.

"Untuk saat ini, semua petugas yang ada di 19 puskesmas di Kabupaten Kudus sudah terjun ke lapangan untuk mendatangi masing-masing keluarga di wilayah kerja puskesmas setempat," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan DKK Kudus Mustianik di Kudus, Jumat.

Meskipun di Kabupaten Kudus program PIS-PK baru dimulai tahun ini, kata dia, saat ini cakupannya cukup bagus. Ia mencatat sudah ada puskesmas yang mencapai 60-an persen keluarga.

Sementara mayoritas cakupan yang berhasil dilaporkan oleh masing-masing puskesmas, katanya, berkisar 40-an persen.

Untuk mempercepat pendataan di lapangan, katanya, petugas yang dilibatkan untuk mengunjungi masing-masing rumah warga tidak hanya bidan desa, melainkan semua jajaran di masing-masing puskesmas, termasuk kepala puskesmas juga harus turun ke lapangan.

Dalam rangka memudahkan petugas melakukan pendataan, setiap bertugas dibekali tanda pengenal dan rompi serta didampingi perangkat desa setempat.
   

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024