Magelang (Antaranews Jateng) - Pembenahan wahana wisata air Taman Kyai Langgeng meningkatkan secara signifikan pendapatan usaha kepariwisataan perusahaan daerah tersebut karena membuat kunjungan makin meningkat, kata Direktur Perusahaan Daerah Objek Wisata Taman Kyai Langgeng Kota Magelang Edi Susanto.

     "Semenjak diluncurkan akhir tahun kemarin, wahana wisata air sudah mengalami peningkatan pengunjung sangat signifikan. Selama sembilan bulan terakhir ini, sejak Januari sampai September, pemasukan dari tiket 'waterpark' dan 'waterboom' sudah mencapai miliaran rupiah," katanya di Magelang, Senin.

     Ia menjelaskan tentang komitmen memajukan kegiatan kepariwisataan di destinasi unggulan kota setempat yang terletak di kawasan tepi Kali Progo tersebut.
     Selama tahun-tahun sebelumnya, kata dia, pendapatan dari tiket masuk kolam renang di kompleks TKL berkisar ratusan juta per tahun.

     Pihaknya akan melengkapi wahana wisata air tersebut dengan pusat kuliner untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

     "Kami akan lengkapi wahana waterboom dan waterpark dengan pusat kuliner di sisi atas kolam. Nanti dibangun shelter yang mempermudah pengunjung mencari makanan usai bermain air," ujar dia dalam keterangan tertulis Humas Pemkot Magelang.

     Penambahan wahana baik edulatif maupun hiburan, ujar dia, menjadi kebutuhan penting untuk peningkatan pengelolaan kepariwisataan setempat pada masa mendatang.

     Ia juga menjelaskan tentang upaya pihak pengelola untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pengunjung supaya mereka kembali berwisata ke Taman Kyai Langgeng.

     Belum lama ini, PDOW Taman Kyai Langgeng menjadi salah satu penerima penghargaan Abiwara Pariwisata Jateng 2018 kategori daya tarik wisata yang dikelola pemerintah, sebagai juara ketiga, sedangkan pada tahun lalu dengan kategori yang sama meraih juara harapan kedua.

     Kepala Subbagian Publikasi dan Pemberitaan Bagian Humas Sekretaris Daerah Pemkot Magelang Anggit Pamungkas mengatakan TKL salah satu lokasi pengambilan gambar untuk "Lomba Foto One Day Tour Kota Magelang 2018". Pelaksanaan kegiatan tersebut pada akhir pekan lalu.

     "Taman Kyai Langgeng salah satu ikon wisata Kota Magelang yang menarik dan layak untuk dipublikasikan, baik melalui media sosial maupun kegiatan-kegiatan seperti lomba foto," katanya.

     Dalam kegiatan itu, kata dia, waterboom dan waterpark menjadi lokasi pemotretan yang paling diminati peserta karena lokasinya berlatar belakang pemandangan pegunungan dan warna warni wahana tersebut menarik peserta. (hms)

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024