Semarang (Antaranews Jateng) - Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan konstruksi Jembatan Kalikutho di ruas tol Semarang-Batang, yang menghubungkan Kabupaten Batang dan Kendal, telah selesai.

"Tinggal finishing, seperti pemasangan pembatas, marka, dan pengaspalan," kata Desi saat mengecek perkembangan pembangunan tol Semarang-Batang di Batang, Rabu.

Ia mengatakan pengerjaan struktur berat jembatan yang sempat dibuka fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran lalu tersebut telah selesai. Jembatan Kalikutho merupakan jembatan ikonik di sepanjang ruas tol Batang-Semarang.

Secara umum, lanjut dia, pengerjaan ruas jalan utama tol Semarang-Batang telah mencapai 93 persen. Pembangunan konstruksi ruas tol sepanjang 75 kilometer ini ditarget selesai pada 30 November 2018.

Pada 1 hingga 20 Desember, jalan tol ini akan menjalani uji kelayakan sebelum akhirnya diresmikan. Saat ini, kata dia, salah satu hal yang masih jadi perhatian yakni penuntasan masalah pembebasan lahan.

Jika pembebasan lahan tertunda, kata dia, dikhawatirkan akan berdampak pada target peresmian jalan tol.  "Kalau masih ada satu bidang yang belum terbebas pun belum bisa dikerjakan," tambahnya.
 

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024