Tegal (Antaranews Jateng) - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dr. Dewi Aryani, M.Si. meresmikan Kampung Keluarga Berencana di Desa Harjosari Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

Di sela kunjungan kerja ke Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX (Kabupaten Tegal, Brebes, dan Kota Tegal), Senin, anggota Komisi 9 DPR RI Dewi Aryani juga meresmikan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKS).

Pada kesempatan itu, Dewi (sapaan akrab Dewi Aryani) melakukan pengguntingan pita sebagai tanda peremian Gapura Kampung KB. Acara ini disaksikan Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah Wagino, S.H., M.Si., Kepala P3AB2KB Kabupaten Tegal Drs.Thosim, M.M., Marwati SE dari BPKP Jawa Tengah, Camat Adhiwerna Muh. Natsir, S.Sos, Kepala Desa Harjosari Kidul Sutinah, dan warga setempat.

Setelah itu, Dewi beserta rombongan diarak dengan kereta kuda rakyat yang dihias menuju lokasi sosialisasi KB, atau berjarak sekitar 500 meter dari lokasi peresmian gapura.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan gelaran penimbangan balita posyandu dan pemasangan alat KB implan dan IUD secara gratis di lokasi.

Dewi juga memborong aneka kerajinan buah tangan pada acara bazar makanan jajanan tradisional khas Tegal yang merupakan produk UPPKS (mitra binaan BKKBN) dalam rangka menambah penghasilan keluarga.

Pameran ini selain bertujuan mengenalkan produk UPPKS, kata Dewi, juga sebagai ajang promosi program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga.

Dalam sambutannya, Dewi mengharapkan program KB di Kabupaten Tegal makin baik dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya KB meningkat. Tidak hanya untuk mengendalikan penduduk, tetapi juga turut menjadi bagian dari pembentukan dan pembangunan generasi berkualitas ke depan.

Kabupaten Tegal memiliki potensi hampir di segala bidang. Oleh karena itu, harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang makin berkualitas juga, mulai dari segi kesehatan, pendidikan, hingga penguatan karakter.

"Sudah seharusnya saya sebagai anggota DPR harus amanah dan mumpuni, wajib mendengarkan aspirasi warga dan mendorong peningkatan kesejahteraan warga," tutur Dewi Aryani.

Dalam kesempatan tersebut Dewi Aryani didampingi Wagino membagikan berbagai hadiah, di antaranya sepeda dan kulkas bagi ratusan warga yang hadir.

Dalam penutup kegiatan itu, Dewi menegaskan bahwa dirinya akan mendukung didorongnya intensitas pembinaan untuk meningkatkan produktivitas UPPKS di Kabupaten Tegal.

Pewarta : Kliwon
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024