Temanggung (Antaranews Jateng) - Kantor Cabang BRI Temanggung menyalurkan bantuan beasiswa kepada mahasiswa di Temanggung Alya Iasha yang merupakan keturunan pendiri BRI, yakni R. Aria Wirjaatmadja.

Kepala Cabang BRI Temanggung Iwan Supriyanto di Temanggung, Jumat, mengatakan bantuan beasiswa senilai Rp19.600.000 diberikan kepada Alya Iasha, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Orang tua Alya merupakan pensiunan PNS Pemkab Temanggung, ayah Alya adalah cicit dari R. Aria Wirjaatmadja.

Iwan mengatakan beasiswa tersebut untuk biaya kuliah Alya pada semester V-VII atau per semester Rp4,9 juta.

Ia menuturkan program beasiswa ini merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) BRI. 

"Kegiatan seperti ini sering dilakukan BRI dengan menyisihkan sebagian laba yang dikelola BRI pusat. Kami sebatas mengusulkan yang memutuskan untuk mendapat dana CSR adalah BRI pusat," katanya.

Namun, katanya, setiap cabang BRI selalu dapat jatah untuk menyalurkan CSR, yakni untuk bidang pendidikan, kesehatan, dan layanan umum.     Ia menyebutkan tahun ini pihaknya juga memberikan bantuan alat musik untuk SD Negeri I Jampiroso Temanggung dan CSR untuk area publik yakni pengadaan CCTV di Temanggung senilai Rp180 juta.

"Selain itu, dana CSR juga digunakan untuk tanggap darurat dan kami punya kewenangan untuk memutuskan hal ini. Beberapa waktu lalu kami memberikan bantuan air bersih di daerah yang mengalami kekeringan di Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan," katanya.

Alya menyampaikan terima kasih atas pemberian beasiswa ini sehingga bisa membantu meringankan beban orang tua.

"Alhamdulillah BRI membantu biaya kuliah, insya Allah sampai saya lulus nanti," kata mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Busana ini. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024