Temanggung (Antaranews Jateng) - Bupati Temanggung periode 2018-2023 Muhammad Al Khadziq ingin melakukan terobosan baru dalam pengembangan pariwisata dengan mengangkat kekayaan kesenian tradisional untuk mendatangkan wisatawan.
     
"Kami mempunyai mimpi untuk menyelenggarakan event pariwisata, event seni budaya yang bisa mendatangkan wisatawan ke Temanggung," katanya di Temanggung, Kamis.  
   
Ia mengatakan hal tersebut usai serah terima jabatan Bupati Temanggung dari Pejabat Bupati Temanggung Sudaryanto kepada Bupati Temanggung periode 2018-2013 Muhammad Al Khadziq yang berpasangan dengan Wakil Bupati R. Heri Ibnu Wibowo di Pendopo Pengayoman Temanggung.
     
Ia menuturkan dengan mendatangkan wisatawan ke Temanggung berarti wisatawan itu membelanjakan uangnya di Temanggung sehingga roda produksi dan roda ekonomi di Temanggung berputar dengan cepat dan berdampak luas ke sektor-sektor lainnya.
     
Ia mencontohkan kegiatan tersebut, antara lain membuat festival kesenian tahunan dan festival budaya serta event lain yang mampu menarik wisatawan datang ke Temanggung.
     
Ia mengatakan ingin mengembangkan kekayaan seni budaya Temanggung ini untuk menyejahterakan masyarakat.
     
"Seni jangan hanya untuk eksibisi kesenian saja tetapi bagaimana agar hal itu mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.
     
Dalam sambutan usai serah terima jabatan, Khadziq memuji era pemerintahan sebelumnya yang dipimpin oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bambang Sukarno dan Irawan Prasetyadi.
     
Menurut dia era kepemimpinan pemerintah sebelumnya merupakan tonggak awal kebangkitan Kabupaten Temanggung untuk menjadi sebuah daerah yang cukup moderen.
     
"Hal ini dibuktikan dengan berbagai pembangunan di sektor fisik maupun nonfisik yang tersebar merata di seluruh penjuru wilayah," katanya.
     
Menurut dia Bambang Sukarno-Irawan Prasetyadi telah membuka kesadaran seluruh masyarakat Temanggung akan besarnya potensi kebudayaan serta pariwisata di tingkat desa yang memiliki potensi berkembang pesat di masa mendatang.
     
"Sebagai penerus, saya dan Pak Heri (R. Heri Ibnu Wibowo) selaku wakil bupati tentu akan meneruskan hal-hal yang baik sekaligus menyempurnakan segala sesuatu yang mungkin belum dilaksanakan demi peningkatan kualitas SDM dan pemenuhan hajat hidup orang banyak demi Temanggung yang lebih sejahtera," katanya.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024