Magelang (Antaranews Jateng) -  Warga Muhammadiyah Kabupaten Magelang mengikuti jalan sehat dalam rangkaian peringatan milad ke-109 organisasi keagamaan dan kemasyarakatan itu dengan menempuh jarak sekitar tujuh kilometer di Kecamatan Mungkid, Sabtu.

Jalan sehat dilepas melalui pengibaran bendera oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Hariyono dan antara lain dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari.

Mereka memulai jalan sehat dari Lapangan Desa Paremono, Kecamatan Mungkid melewati jalan dusun-dusun di desa itu. Mereka yang ikut jalan sehat, antara lain unsur pimpinan daerah, cabang, dan ranting, organisasi otonomi PD Muhammadiyah setempat, warga, guru dan karyawan berbagai amal usaha Muhammadiyah, serta siswa berbagai sekolah Muhammadiyah di daerah tersebut.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari mengatakan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi yang bersifat gerakan.

Oleh karena itu, katanya, seluruh keluarga besar Muhammadiyah senantisa bergerak untuk mewujudkan tujuan lahirnya organisasi pada 1912 itu.

Ia menyebut kesehatan jasmani dan rohani menjadi syarat penting melakukan berbagai kerja organisasi.

"Dengan jalan sehat maka jasmani dan rohani menjadi sehat pula, kesehatan jasmani dan rohani akan membawa pengaruh positif dalam bentuk tumbuhnya semangat dalam mengelola amal usaha dan melakukan kegiatan-kegiatan organisasi," katanya.

Bersama dengan elemen bangsa yang lain, katanya, Muhammadiyah berupaya meningkatkan peran dan kontribusi bagi kehidupan umat dan bangsa di berbagai bidang.

Sekretaris PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Nasirudin mengatakan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka peringatan milad itu, antara lain upacara secara serentak beberapa waktu yang lalu di 16 kecamatan, sedangkan pada Oktober mendatang akan dilaksanakan lomba sekolah sehat dengan peserta sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Magelang.
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024