Magelang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Magelang telah memberikan perhatian kepada para guru bantu/honorer dengan memberikan mereka gaji minimal sama dengan upah minimum kota, kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Magelang, Kartono.

"Kami apresiasi Pemkot Magelang yang sudah memberikan perhatian luar biasa. Namun demikian, kami juga meminta agar perhatian itu diikuti dengan dedikasi dan loyalitas terhadap tugas. Saya akan ngomong itu kepada para guru-guru honorer," katanya di Magelang, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut usai pengukuhan Dewan Pendidikan Kota Magelang untuk periode 2017-2022 oleh Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito di pendopo Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Kartono yang juga mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ini dikukuhkan bersama pengurus yang lain, yakni Papa Riyadi (Sekretaris), Dwi Rahayu Wilujeng (Bendahara), Pamudji dan Muhammad Dzaky Zamani (Bidang Pemberdayaan Komite Sekolah dan Aspirasi Masyarakat), Sukris Sutiyatno dan Ahmad Muhlisin (Bidang Kerjasama antar Lembaga), Muh Jafar dan Suhardi (Bidang Monitoring dan Analisis Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan, Salamun dan Walangitan Zusana Maria (Bidang Pelaporan, Rekomendasi dan Publikasi).

"Agenda pertama setelah Dewan Pendidikan Kota Magelang dilantik adalah penyempurnaan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART). Setelah itu dilanjutkan penyusunan program kerja," kata Kartono.

Ia mengatakan, substansi utama tugas dari dewan pendidikan mencakup berbagai hal, antara lain kurikulum, sarana prasarana pendidikan, guru dan tenaga kependidikan, dan kesiswaan.

"Selain itu, kami juga memfasilitasi 'stakeholder' yang berkepentingan dan fokus dalam bidang pendidikan. Masyarakat salah satunya sebagai 'stakeholder', memiliki hak untuk menanyakan tentang pelayanan pendidikan dan lainnya," katanya.

Sekretaris Dewan Pendidikan, Papa Riyadi mengatakan dewan pendidikan adalah representasi masyarakat. Pendidikan tidak akan maju jika tidak didukung oleh masyarakat.

"Jadi pendidikan ini tidak hanya tanggung jawab dari pemerintah saja, namun juga masyarakat. Kota Magelang sudah luar biasa dalam bidang pendidikan dan ini perlu 'di-support' lagi oleh masyarakat melalui dewan pendidikan," katanya.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito mengatakan Dewan Pendidikan Kota Magelang periode 2017-2022 terdiri dari para tokoh profesional.

"Saya atas nama pemerintah terima kasih. Dewan Pendidikan bisa berdampingan dengan pemerintah daerah, dinas, untuk merumuskan kemajuan pendidikan anak-anak kita di Kota Magelang," katanya. (hms)

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024