Purwokerto (Antaranews Jateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan Olimpiade Ahmad Dahlan (OlimpicAD) Ke-6 Perguruan Muhammadiyah se-Jateng di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

     "Saya menyambut baik Olimpiade Ahmad Dahlan ini dan ternyata lombanya banyak ya, ada olahraga, ada seni, dan ada sains. Mudah-mudahan ini bisa membangun karakter anak-anak," kata Ganjar Pranowo saat membuka OlimpicAD Ke-6 Perguruan Muhammadiyah se-Jateng di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Dukuhwaluh, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

     Bahkan, kata Ganjar Pranowo, dalam kegiatan tersebut juga terdapat lomba menghafal Alquran sehingga makin lengkap, baik intelektualnya, emosional, maupun spiritualnya.

     Terkait dengan hal itu, Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah yant telah menyelenggarakan kegiatan OlimpicAD secara rutin.

     "Mudah-mudahan dari lomba ini nanti akan terbentuk karakternya untuk menjadi manusia yang seutuhnya, yang toleran, yang bagus, yang cerdas dengan segala kelengkapannya, dan tentu semua itu untuk memajukan Indonesia," kata Ganjar Pranowo .

     Saat memberi sambutan, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah H. Tafsir mengharapkan kompetisi dalam OlimpicAD dapat dilakukan secara kompetitif dengan menjunjung tinggi sportivitas.

     "Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jawa Tengah yang hadir di UMP dalam rangka OlimpicAD, semoga bisa terselenggara dengan baik. Hari ini, Muhammadiyah punya Olimpiade Ahmad Dahlan yang bisa berkontribusi untuk negara, ada harapan besar di sana," kata H. Tafsir.
 
     Sementara itu, Rektor UMP H. Syamsuhadi Irsyad menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah yang telah mempercayakan UMP sebagai tuan rumah kegiatan akbar berupa OlimpicAD Ke-6 Perguruan Muhammadiyah se-Jateng.
 
     Dengan adanya kompetisi itu, kata H. Syamsuhadi Irsyad, akan terlihat bibit-bibit unggul generasi muda yang memiliki kecerdasan mental dan spiritual yang baik.

    Haji Syamsuhadi Irsyad mengatakan bahwa UMP saat sekarang telah memperoleh akreditasi institusi B gemuk.
 
     "Saat ini segenap civitas academica UMP bersiap diri agar Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ke depan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto meraih peringkat A," katanya.
 
     OlimpicAD Ke-6 Perguruan Muhammadiyah se-Jateng yang bertajuk "Membangun Sinergi dalam Mewujudkan Pendidikan Muhammadiyah Jawa Tengah yang Unggul, Kompetitif, dan Berkemajuan" diikuti ribuan pelajar sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

     Olimpiade tersebut mempertandingkan  23 cabang lomba keilmuan dari bidang keagamaan, kemuhammadiyahan, serta teknologi dan sains seperti matematika, IPA, fisika, biologi, robotik, otomotif, bahasa Inggris serta Arab.

     Selain itu, tilawah, musabaqoh, hafidz Alquran, pembuatan film indie, karya tulis, dan penelitian tindakan kelas para guru, majalah sekolah, desain website, serta olahraga beladiri tapak suci, futsal, dan panahan.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024