Boyolali (Antaranews Jateng) - Kepolisian Resor Boyolali masih melakukan penyelidikan terhadap kecelakaan karambol yang melibatkan dua truk tronton, satu bus, dan satu sepeda motor di Jalan Lingkar Utara Tegaljeruk, Desa Kalikiring, Kecamatan Mojosongo, Senin pagi, yang menyebabkan dua korban tewas di tempat kejadian perkara.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Boyolali, AKP Febriyani Aer, polisi hingga kini masih meminta keterangan saksi, dan kecelakaan karambol antara dua truk tronton, satu bus, dan satu pengendara sepeda motor itu, terjadi sekitar pukul 01.00 WIB.

Menurut Febriyani Aer, dua korban meninggal dunia yakni sopir truk tronton nopol ?B 9840 BYW, Ariek Efrianto (28) warga Desa Pesanggrahan RT 02 RW 01 Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan dan kernetnya, Sukamto (40) warga jalan Mataram V No.51 Desa Kalipucangwetan RT 03 RW 01 Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Dari hasil pemeriksaan di tempat kejadian perkara dan keterangan saksi, lanjutnya, dugaan sementara penyebab kecelakaan diduga truk tronton nopol ?B 9840 BYW yang dikemudikan korban rem blong.

Kasat Lantas mengatakan kronologi kejadian berawal ketika truk tronton nopol B 9840 BYW yang dikemudikan oleh Ariek Efrianto melaju dari arah barat (Semarang) ke timur atau menuju Solo. Truk setibanya di lokasi kejadian diduga mengalami rem blong dan menyerempet pengendara sepeda motor, nopol AD 5784 LS yang dikendarai oleh Abdul Rouf.

Pengendara sepeda motor tersebut terserempet truk terjatuh, dan korban hanya mengalami luka ringan, dirawat di RS PKU Aisiyah Singkil, Boyolali. Truk tronton kemudian oleng ke kanan dan menabrak truk tronton nopol H 1849 BZ yang dikemudikan oleh Ngali (38) warga Desa Bumbangrejo RT 03 RW 01 Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, yang satu earah di depannya.

Truk tronton nopol B 9840 BYW setelah menabrak truk tronton lainnya, kemudian oleng ke kanan dan menabrak sebuah pohon di kanan jalan. Bagian truk itu, hancur, dan sopir serta kernetnya mengalami luka parah terjepit serta meninggal dunia di tempat kejadian.

Truk Tronton nopol H 1849 BZ yang dikemudikan oleh Ngali (38) yang oleh ke kiri kemudian ditabrak bus PO Laju Prima B 7051 TGC dari belakang dan menabrak pohon di kiri jalan. Pengemudi bus, Puji Raharjo (49) warga Dukuh Kedungsari RT. 01/09 Desa Lawu, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, selamat.

"Kami masih mendalami kasus itu, tetapi dugaan sementara akibat rem truk tronton nopol ?B 9840 BYW tidak berfungsi," kata Kasat Lantas. 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024