Temanggung (Antaranews Jateng) - Semua bakal calon anggota legislatif yang didaftarkan Partai Bulan Bintang ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung untuk mengikuti Pemilu 2019 dari kalangan perempuan.

Ketua DPC PBB Kabupaten Temanggung Kuntoro di Temanggung, Selasa, mengatakan ada lima bakal calon legislatif yang didaftarkan ke KPU Temanggung untuk maju pada Pemilu 2019. Mereka semua kaum perempuan.

Ia menyampaikan hal tersebut saat mengajukan berkas pendaftaran bakal caleg PBB di KPU Temanggung.

Ia mengatakan sejumlah bakal caleg tersebut didaftarkan di tiga daerah pemilihan dari enam daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Temanggung, yakni dapil 1 sebanyak dua orang, dapil 2 ada dua orang, dan dapil 4 terdapat satu orang.

"Sebenarnya kami tidak kesulitan mencari bakal caleg, tetapi kebanyakan mereka belum siap untuk maju pada Pemilu 2019, mereka ingin mengetahui dulu basis suara PBB di Temanggung," katanya.

PBB dalam pendaftaran bakal caleg tersebut belum bisa langsung mendapat tanda terima dari KPU karena harus melengkapi AD/ART partai.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Ari Murti Hendrowardani mengatakan dalam pencalonan tersebut partai politik harus melengkapi daftar calon per dapil, surat pernyataan bahwa perekrutan pencalonan sudah dilakukan secara demokratis sesuai AD/ART atau ketentuan internal partai politik yang bersangkutan.

Selain itu, katanya, keterwakilan perempuan minimal harus 30 persen di setiap dapil.
     
Hingga pukul 18.00 WIB, baru ada empat partai yang mendaftarkan bakal calegnya, yakni Partai Hanura dengan 26 bakal caleg, PDI Perjuangan (25), Partai Demokrat (44), dan Partai Nasdem (45).

Ketua Umum DPD Partai Nasdem Kabupaten Temanggung Muh Sayid menuturkan sebenarnya partainya ingin mendaftarkan bakal caleg ke KPU pada Senin (16/7) dengan serentak secara nasional, namun karena kesulitan pada "input" silon KPU sehingga baru bisa mendaftar pada hari terakhir ini.

"Sebenarnya kalau persyaratan calon sudah lengkap semua, tidak ada kendala. Dari kuota caleg perempuan 30 persen terpenuhi, bahkan terlampaui, yakni dari 45 bakal caleg yang didaftarkan 20 orang perempuan," katanya.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024