Solo (Antaranews Jateng) - Sebanyak 45 bakal calon anggota legislatif Kota Surakarta periode 2019-2023 dari PDIP mendaftar pencalonan ke kantor Komisi Pemilihan Umum setempat dengan menggunakan sepeda onthel dan memakai pakaian motif lurik.

Aksi unik mereka dipimpin Ketua DPC PDI F.X. Hadi Rudyatmo dan diikuti para kader serta simpatisan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu dari kantor parpol tersebut menunju kantor KPU Kota Surakarta di Solo, Senin.

Rudyatmo mengatakan 30 persen di antara 45 bacaleg adalah perempuan. Mereka berpakaian lurik dan bersepeda onthel dengan semangat menuju kantor KPU setempaat di Sumber Banjarsari, Kota Surakarta. Sebanyak 22 bacaleg dari parpol tersebut wajah baru, sedangkan 23 lainnya wajah lama.

Dengan bersepeda onthel, katanya, mereka hendak menggambarkan suatu perjuangan untuk kepentingan masyarakat banyak, bukan untuk diri sendiri. Hal itu, karena filosofi politik adalah seni mengelola aspirasi, sedangkan partai politik merupakan alat perjuangan.

Menurut dia, mereka yang dicalonkan oleh PDIP, untuk meraih kemenangan atau kekuasaan, untuk kesejahteraan rakyatnya, bukan untuk dirinya sendiri.
 
"Makanya, kami ajak mereka bersepeda onthel bersama merupakan salah satu gambaran ideologi PDIP  adalah Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945. Onthel bareng ini merupakan implementasi nilai-nilai Pancasila, yakni gotong-royong," kata Rudyatmo yang juga Wali Kota Surakarta itu.

Ia menjelaskan tentang makna penggunaan lurik oleh mereka yakni supaya tetap lurus dalam pengabdian dan ikhlas dalam pelayanan. Mereka tidak mengutamakan kepentingan pribadi, tetapi masyarakat umum.

Pihak PDIP Surakarta pada Pemilu 2019 menargetkan minimal 26 kursi, sedangkan pada periode sebelumnya meraih 24 kursi.

Saat tahapan penjaringan oleh PDIP setempat, tercatat 211 pendaftar. Para pendaftar kemudian menjalani sejumlah tahapan seleksi hingga diperoleh 45 bacaleg dari parpol tersebut.

Komisioner KPU Surakarta untuk divisi hukum, Nurul Sutarti, menjelaskan pada Selasa hingga pukul 14.30 WIB, lima dari 16 parpol sudah mendaftarkan bacaleg, yakni PDIP, Partai Demokrat, PKS, Perindo, dan Partai NasDem.

Ia mengatakan Partai Demokrat mendaftarkan 37 bacaleg, Perindo 25 bacaleg, PDIP 45 bacaleg, PKS 45 bacaleg, dan Partai Nasdem 45 bacaleg.

"Kami kerahkan semua tim hingga pukul 24.00 WIB untuk menerima pendaftaran bacaleg," kata Nurul.
  
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024