Solo (Antaranews Jateng) - Ribuan personel dari TNI maupun Polri telah disiapkan untuk pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia selama di Wilayah Kota Surakarta pada Sabtu (14/7) hingga Minggu (15/7).

"Ada sebanyak 3.450 personel, baik dari anggota TNI maupun Polri di wilayah Solo dan sekitar telah disiapkan untuk pengamanan tamu 'VVIP' Presiden Joko Widodo yang berkunjung dibeberapa titik," kata Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel Inf Widi Prasetijono usai memimpin Apel di Makorem 074 Warastratama Surakarta, Jumat.

Menurut Danrem para personel tersebut akan diterjunkan ke berbagai titik lokasi kunjungan kerja Presiden selama di Solo dan sekitarnya.

Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri Khaul dan Khataman Al Quran di Ponpes An Najah Gondang, Kabupaten Sragen, Jateng pada Sabtu (14/7) malam.

Presiden juga dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi pada Minggu (15/7) pagi, beliau kemudian akan menghadiri "ground breaking" pembangunan pondok pesantren (Ponpes) puteri MTA di Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.

Namun, kata Danrem acara peresmian jalan tol tersebut sebagai tambahan rencana yang sudah dibuat oleh Sekretaris Kepresidenan.

Danrem mengatakan apel gelar pasukan yang dilaksanakan tersebut dengan tujuan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan pengamanan secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap.

Ia juga menekankan kepada peserta apel agar keterampilan pengamanan dan pengalaman tugas sesuai tanggung jawab harus diyakini dan dipahami oleh setiap personel pengamanan.

Selain itu, Danrem mengingatkan personelnya yang menjalankan tugas pengamanan agar tetap memegang teguh disiplin dengan melalui rantai komando. Guna mencegah terjadinya kelelahan dan tingkatkan kepekaan terhadap kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024