Kudus (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berupaya memperkuat fungsi "Government Public Relations" dengan menyediakan berbagai informasi kegiatan dari semua organisasi perangkat daerah (OPD) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam memberikan kemudahan akses informasi.

"Saat ini, di dalam website Pemkab Kudus dengan alamat kuduskab.go.id terdapat tambahan menu baru, yakni Government Public Relations (GPR)," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus Kholid Seif di Kudus, Jumat.

Melalui menu tersebut, katanya, masyarakat bisa mengakses informasi secara luas, mulai dari agenda kegiatan masing-masing OPD hingga informasi kegiatan yang telah terlaksana sebelumnya.

Di dalam GPR tersebut, tersaji sejumlah konten-konten yang lengkap, mulai dari berita, foto dokumentasi, info grafis, video grafis, hingga agenda di Pemkab Kudus.

Untuk mensinkroniasi agenda OPD dengan sisten GPR, lanjut Kholid, masing-masing OPD diminta menyediakan seorang tenaga di bagian hubungan masyarakat (humas) sekaligus sebagai admin.

"Ketika ada agenda atau informasi baru yang layak diketahui publik, bisa segera mengkomunikasikan dengan admin GPR sebelum akhirnya di unggah dalam bentuk informasi atau berita," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, sistem tersebut masih dalam masa pengembangan, sehingga dibutuhkan sinergi dengan OPD terkait.

Bahkan, kata dia, dalam waktu dekat akan dilakukan pendataan agenda dari masing-masing OPD.

"GPR juga langsung tersambung dengan sosial media pemkab agar lebih dekat dan transaparan terhadap masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024