Semarang (Antaranews Jateng) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengelola koperasi untuk melakukan berbagai inovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

"Koperasi tidak bisa dijalankan begitu-begitu saja karena di era milenial koperasi harus melakukan lompatan dengan melakukan digitalisasi, misalnya dari bagaimana memproduksi dengan peralatan canggih, lalu menjual atau memasarkan dengan memanfaatkan informasi teknologi," kata dia di Semarang, Senin.

Menurut dia, koperasi mampu menjadi pilar dan saka guru perekonomian Indonesia sebab koperasi memiliki kekuatan kolektif, yakni dari, oleh, dan untuk anggota koperasi.

Di dalamnya, kata Ganjar, ada kekuatan berdikari dan membangun kewirausahaan di masyarakat.

"Lompatan yang dilakukan koperasi sangat penting. Tidak hanya menjadi saka gurunya perekonomian Indonesia, tapi juga untuk menyambut revolusi industri yakni era industri yang antara lain ditandai dengan segala sesuatu yang serba digital dan otomatis," ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu, menyebutkan koperasi akan maju apabila anggota, pengurus, maupun pengawasnya selalu memelihara semangat untuk mewujudkan visi dan misi koperasi, termasuk meningkatkan kompetensi diri untuk memperbaiki manajemen koperasi.

Hal tersebut disampaikan Ganjar terkait dengan Peringatan Hari Koperasi Ke-71 Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal di Semarang. 

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024