Rembang (Antaranews Jateng) - Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di kawasan Ring I Pabrik Semen Rembang masih rendah.
Kurangnya partisipasi pemilih itu setidaknya terlihat pada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa desa yang masuk kawasan Ring I Pabrik Semen Rembang, Jateng, Rabu.

Seperti terlihat pada TPS I Desa Timbrangan, Kecamatan Gunem, Rembang, dari jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 413 pemilih hingga pukul 12.30 WIB baru ada 218 pemilih.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS I Desa Timbrangan Suwignyo mengakui animo masyarakat terhadap pilgub selama ini memang cenderung kurang.

"Di Desa Timbrangan ini ada tiga TPS. Hampir sama tingkat partisipasinya, sekitar 50 s.d. 60 persen. Berbeda dengan pemilihan kepala desa (pilkades), pasti 100 persen," ungkapnya.

Suwignyo memperkirakan kurangnya animo masyarakat itu dikarenakan ketidaktahuan atau kekurangpedulian masyarakat terhadap visi dan misi yang sudah disampaikan para calon.

Kepala Desa Timbrangan Nyono membenarkan kurangnya minat masyarakat untuk memilih pada pergelaran pilgub meski sosialisasi sudah dilakukan sesering mungkin.

"Dalam berbagai forum, pengajian, pertemuan, selalu kami sampaikan kepada warga. Ya, kembali lagi kepada kesadaran warga atas pentingnya menggunakan hak pilih," katanya.

Berbeda kalau pilkades, kata dia, sebab masyarakat kenal betul dengan para calonnya, visi misinya, hingga tim suksesnya sehingga tingkat partisipasinya pasti tinggi.

Kondisi sama terjadi juga di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Rembang, seperti pada TPS 6 yang hingga penutupan pemungutan suara tercatat sebanyak 194 pemilih.

"Jumlah total DPT ada sebanyak 366 pemilih, sementara yang menggunakan hak pilihnya ada 194 pemilih," kata Ketua KPPS TPS 7 Desa Tegaldowo Rembang Susjumilah.

Menurut dia, sosialisasi mengenai Pilgub Jateng sebenarnya sudah berkali-kali disampaikan kepada masyarakat, tetapi semuanya kembali kepada kesadaran masyarakat.

Demikian pula, TPS 7 Desa Tegaldowo yang tercatat dari total DPT sebanyak 335 pemilih, hanya sebanyak 173 warga yang menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024