Purwokerto (Antaranews Jateng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, akan memberangkatkan jemaah calon haji asal wilayah tersebut mulai 13 Agustus 2018.
"Sehari sebelumnya, jemaah haji akan diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Banyumas Amirudin di Purwokerto, Sabtu.

Panitia daerah, tambah dia, akan mengantar jemaah haji dari Pendopo Kabupaten Banyumas hingga ke Asrama Haji Donohudan.

"Yang mengantar panitia daerah, terdiri dari Pemkab Banyumas, Kemenag, hingga Polri," katanya.

Dia juga menambahkan, berdasarkan pendataan terkini, calon haji yang siap diberangkatkan berjumlah 1.114 orang.

"Terbagi dalam beberapa kloter, yakni kloter 89 sebanyak 19 orang, kloter 90 sebanyak 355 orang, kloter 91 sebanyak 355 orang, kloter 92 sebanyak 355 orang, dan kloter 93 sebanyak 30 orang," katanya.

Dia juga mengatakan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, akan menggelar bimbingan manasik haji pada awal bulan Juli 2018.

"Pelaksanaan manasik haji setelah Lebaran, rencananya pada awal Juli 2018," katanya.

Dia merinci, pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten menurut rencana akan dilaksanakan pada tanggal 3-4 Juli di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).

"Kalau di tingkat kecamatan masing-masing enam kali. Kalau puncaknya akan dilaksanakan di GOR Satria Purwokerto dengan biaya APBD," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024