Batang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menganggarkan dana santunan pada 1.500 anak yatim piatu sebesar Rp1,5 miliar.

Bupati Batang Wihaji di Batang, Jumat, mengatakan bahwa dana santunan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah pada anak yatim piatu meski besarannya masih relatif sedikit.

"Karena jumlah anak yatim piatu masih relatif banyak maka pemkab tidak bisa menjangkau semuanya sehingga pemberian santunan akan digilir," katanya.

Menurut dia, pada tahun sebelumnya, setiap anak yatim piatu mendapatkan dana santunan sebesar Rp100 ribu per tahun tetapi sekarang mereka akan mendapatkan masing-masing Rp1 juta.

"Dana santunan tersebut, kami serahkan setiap bulan Ramadhan. Hal ini bertujuan anak-anak yang sudah tidak memiliki orang tua ini bisa ikut merasakan kebahagiaan pada saat buka puasa dan Lebaran," katanya.

Selain itu, kata dia, pemberian santunan pada anak yatim piatu sebagai upaya menggugah masyarakat yang sudah berkecukupan memberikan sebagian rezekinya pada mereka.

"Kami diwajibkan saling membantu dalam kebaikan seperti berinfak, sodakoh, dan perbuatan mulia lainnya," katanya.

Wakil Bupati Suyono pada kesempatan tersebut menyerahkan bantuan kemakmuran masjid sebesar Rp5 juta, bantuan pada lima anak yatim dan piatu, bantuan sarung dan perlengkapan shalat, bingkisan pada takmir masjid, santunan pada empat orang lanjut usia dan enam orang janda.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat memberikan sebagian kebahagian pada mereka yang kini dalam keterbatasan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024