Solo (Antaranews Jateng) - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia tidak meliburkan para atletnya yang sedang mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) dari 18 cabang olahraga yang digelar di Solo, selama Ramadhan hingga Lebaran.

"Para atlet Pelatnas untuk persiapan Asian Para Games 2018 hanya liburkan dua hari Lebaran, dan lainnya tetap berlatih rutin agar tetap fokus," kata Presiden NPC Indonesia Senny Marbun di Solo usai buka bersama para atlet Pelatnas di Hotel Kusuma Sahid Solo, Kamis.

Menurut Senny Marbun, persiapan matang dilakukan para atlet Indonesia untuk berlaga di ajang APG 2018 yang akan berlangsung di Jakarta, 8-16 Oktober .

Selain itu, para atlet pelatnas jangka panjang di Solo ini, yang diikuti sebanyak 300 atlet juga mengikuti try out dan try in di berbagai kejuaraan internasional.

Bahkan, para atlet yang tergabung dalam NPC Indonesia, dijadwalkan tetap menggelar latihan intensif selama bulan puasa hingga Lebaran.

"Hal ini, sudah menjadi kesepakatan dan komitmen para atlet agar mereka lebih fokus membela Merah Putih para pesta multi event APG dan Indonesia sebagai tuan rumahnya," kata Senny.

Menurut Senny para atlet hanya mendapat dijatah libur dua hari saat Hari Raya Idul Fitri. Mereka tidak ada libur panjang Lebaran, tetapi cukup hanya dua hari saja, dan latihan jalan terus agar konsentrasi atlet tidak hilang hingga pelaksanaan APG nanti.

Para atlet selain terus digenjot latihan tehnik dan peningkatan stamina, mereka juga langsung dihadapkan pada test event APG setelah Lebaran. Beberapa yang mengikuti test event yakni bulu tangkis, atletik, renang, tenis meja, dan tenis lapangan ke luar negeri.

Senny menjelaskan seluruh cabang olahraga sudah dirancang program latihan saat libur Lebaran. Untuk lainnya merupakan ?waktu krusial tetap menjaga performance para atlet.

Pelatih Angkat Berat NPC Indonesia Koni Ruswanto mengatakan ?sangat mendukung langkah NPC tersebut agar kondisi para atlet tidak menurun karena libur panjang.

"Kami menyiapkan sembilan dari 13 atlet yang mengikuti Pelatnas di Solo, untuk mengikuti kejuaraan dunia angkat berat di Jepang, pada Agustus 2018," katanya.

Namun, pihaknya selam liburan Lebaran dua hari akan dimanfaatkan untuk para atletnya bermain ke tempat-tempat wisata agar untuk refreshing untuk penyegaran.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024