Solo (Antaranews Jateng) - Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Kota Surakarta, Jawa Tengah, latihan "Traffic Accident Analysys (TAA)" atau penanganan rekonstruksi kejadian kecelakaan lalu lintas untuk meningkatkan profesionalme dalam menyambut musim mudik Lebaran 2018.

"Kegiatan latihan TAA tersebut diikuti anggota dari Unit Kecelakaan Lalu Llintas (Laka Lantas) untuk mempersiapkan diri dalam persiapan masa mudik Lebaran," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta, Kompol Imam Syafii, di sela memimpin kegiatan TAA di Solo, Senin.

Menurut Imam Safii, pelatihan tersebut digelar setiap bulan agar anggota dalam melaksanakan tugas bisa secara profesional.

Latihan ini, katanya, khusus untuk mempersiapkan musim arus mudik Lebaran di Solo.

"Tujuan kegiatan ini, menyiapkan personel profesional dalam menangani laka lantas di lapangan. Bahkan, kegiatan ini, sebagai bentuk pelayanan masyarakat dalam masa mudik Lebaran," kata Imam Safii.

Ia mengatakan kegiatan TAA antara lain untuk memperoleh informasi berupa kronologi kejadian, pola kejadian, informasi teknis, kondisi infrastruktur, dan satu pelaku kecelakaan lalu lintas baik secara fisik maupun mental.

"TAA diperlukan guna memperoleh kebenaran informasi tentang penyebab kejadian kecelakaan," katanya.

Setelah itu, lanjut Imam Safii,  hasil dari TAA kemudian dikembangkan untuk penyelesaian masalah yang terkait dengan kecelakaan lalu lintas dan menjadi bahan edukasi bagi masyarakat, sehingga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kepala Unit Laka Lantas Polresta Surakarta Iptu Bambang Subektin menambahkan latihan TAA digelar di Jalan Yosodipuro Kotabarat Solo. Tim olah  tempat kejadian perkara dalam pelatihan mempraktikan  kejadian sebenarnya dengan penandaan barang bukti, rekam jejak, membuat garis silang, lalu mendokumentasikan lokasi.

"Hasil dokumentasi olah TKP  itu,  menghasilkan gambar geometri yang nantinya dicetak oleh Ditlantas Polda Jateng sebagai bahan penyelidikan selanjutnya," kata Bambang.
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024