Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaaan Yogyakarta memanfaatkan kegiatan pasar murah sebagai ajang edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jalan Urip Sumoharjo No 106 Yogyakarta, Kamis(24/5) tersebut menyediakan 1.300 paket sembako murah seharga Rp150.000/paket dan dijual Rp75.000. 

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Ainul Kholid mengatakan kegiatan pasar murah (Pasrah) 2018 sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat, seperti di tahun 2017 juga digelar kegiatan Pasrah di Pasar Beringharjo Yogyakarta.

Selain menjadi kegiatan sosial, Ainul memberikan sosialisasi edukasi program-program jaminan sosial ketenagakerjaan dengan harapan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dapat menjadi kebutuhan pekerja dalam menjalankan aktivitasnya.

"Program jaminan sosial ketenagakerjaan ada empat program yaitu Jaminan Kecelakaaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP)," kata Ainul.

Tidak hanya pekerja formal atau penerima upah yang bisa mendaftarkan proteksi dirinya, lanjut Ainul, tetapi pekerja informal atau bukan penerima upah pun bisa menjadi peserta serta pekerja migran indonesia 

Pekerja migran indonesia adalah setiap warga negara indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Republik Indonesia.

"Dengan iuran bulanan Rp16.800, asumsi upah Rp1juta, peserta informal mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dengan dua program dasar layak yaitu JKK dan JKM dengan manfaat bila peserta mengalami musibah kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan perawatan di tanggung sesuai kebutuhan medis dan bila meninggal dunia biasa mendapatkan Rp24 juta," tambahnya.

Jaminan Kecelakaan Kerja memberikan perlindungan atas risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerjanya.

BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta memiliki empat kantor cabang di setiap kabupaten antara lain Kantor Cabang Perintis Sleman dijalan Godean KM 4 Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman, Kantor Cabang Perintis Bantul Jalan Prof. DR. Soepomo Mandingan Ringinharjo Bantul, Kantor Cabang Perintis Kulon Progo jalan Pengasih-Wates No.69 Kulon Progo dan Kantor Cabang Perintis jalan KH Agus Salim No 79 Gunung Kidul.

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024