Solo (Antaranews Jateng) - Volume pengiriman barang dari dan ke Solo, Jawa Tengah, melalui perusahaan jasa pengiriman mulai meningkat seiring dengan mendekatinya Lebaran 2018.

"Bahkan sebelum memasuki Ramadhan sudah ada kenaikan volume pengiriman tepatnya seminggu sebelum puasa, terutama jenis garmen," kata Pimpinan PT Herona Express Perwakilan Surakarta Pratiwi Adi Setyorini di Solo, Senin.

Ia mengatakan jika pada hari normal volume pengiriman barang rata-rata 3 ton/hari, setelah kenaikan menjadi 3,5 ton/hari.

Ia mengatakan jika barang yang keluar kebanyakan adalah garmen, untuk barang yang masuk didominasi oleh farmasi.

"Nanti mendekati Lebaran biasanya kenaikan volume pengiriman akan terus terjadi. Puncaknya satu minggu sebelum Lebaran, naiknya bisa sampai 40 persen," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, beberapa tahun terakhir volume pengiriman barang khususnya untuk sepeda motor mengalami penurunan. Ia mengatakan penurunan tersebut seiring dengan program motor gratis yang diadakan oleh pemerintah.

"Penurunan untuk pengiriman sepeda motor ini lebih dari 50 persen, jika dulu dalam satu hari kami melayani pengiriman hingga 30 sepeda motor, saat ini hanya 10 sepeda motor. Itupun belum tentu setiap hari," katanya.

Sebelumnya, Wakil Kepala PT Kantor Pos Besar Surakarta Adhi Widjayanto mengatakan jelang Lebaran terjadi peningkatan pengiriman barang hingga 30 persen.

"Kalau untuk jumlahnya masih kami hitung, yang jelas saat ini kami memastikan pelayanan yang optimal untuk pengiriman barang dari masyarakat. Untuk memaksimalkan pelayanan yang dilakukan, PT Pos akan menyiapkan tambahan tenaga dan armada yang digunakan," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024