Semarang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melaksanakan program bedah rumah bagi dua anggota Legiun Veteran Republik Indonesia di Kabupaten Purbalingga sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib para pejuang kemerdekaan.

"Ini sebagai rasa hormat, tanda kasih atau tanda `tresna` dari pemerintah untuk para veteran, semoga bermanfaat," kata Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Senin.

Dua rumah veteran di Kabupaten Purbalingga yang diperbaiki Pemprov Jateng adalah rumah milik Sueb (89) di Desa Padamara RT 06 RW II, Kecamatan Padamara dan rumah Basiran (72) di Desa Kalikidang RT 01 RW I, Kecamatan Sokaraja.

 Sueb memperoleh dana sosial Bank Jateng sebesar Rp49.713.000 untuk bedah rumah, sedangkan Basiran juga menerima dana serupa sebesar Rp65.998.000.

Heru berharap program bedah rumah para veteran ini dapat menginspirasi banyak orang dan lembaga agar lebih memperhatikan para pejuang yang ada di sekitar.

"Jumlah veteran di Jateng sangat banyak dan kami mencoba mencari apa yang menjadi permasalahan mereka, antara lain, terkait rumah dan kesehatan sehingga diupayakan selesai satu per satu," ujarnya.

Program bedah rumah anggota LVRI juga merupakan serangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Purbalingga.

Peringatan Harkitnas tahun ini mengangkat tema "Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital".

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024