Purwokerto (Antaranews Jateng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menginformasikan bahwa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap kedua akan dibuka pada hari Rabu (16/5).

     "Tahap kedua akan dibuka besok, Rabu hingga 25 Mei 2018," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Amirudin di Purwokerto, Selasa.

     Pelunasan tahap pertama yang telah ditutup pada tanggal 4 Mei lalu diperuntukkan bagi orang yang belum pernah haji sebelumnya.

     Sementara pelunasan tahap kedua bagi yang sudah pernah haji, usia lanjut yang lolos verifikasi, dan penggabungan suami dan istri yang terpisah, serta orang tua dan anak yang terpisah.

     "Selain itu, apabila masih ada kuota diberikan kepada cadangan sebanyak 5 persen," kata Amirudin .

     Bagi mereka yang termasuk dalam kriteria tersebut diharapkan melakukan pelunasan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

     "Bagi calon haji cadangan boleh melunasi tetapi membuat surat pernyataan di Kemenag dahulu," kata Amirudin .

     Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kantor Kemenag Banyumas, tiga calon haji yang sudah masuk kuota keberangkatan pada tahun 2018 meninggal dunia, sedangkan dua orang lainnya batal berangkat, sebanyak 14 orang menunda keberangkatan, dan tiga orang tidak melunasi.

     Bagi mereka yang belum melakukan pelunasan BPIH hingga berakhirnya batas waktu yang telah ditentukan, kata Amirudin, akan masuk pada daftar tunggu tahun 2019.

     "Ditunda keberangkatannya dan masuk pada daftar tunggu tahun 2019," kata Amirudin .

     Sementara itu, BPIH untuk Banyumas sebesar Rp35.933.275,00, sedangkan untuk tim pemandu haji daerah atau TPHD masing-masing sebesar Rp63.640.120,00.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024