Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara bersama para pihak terkait akan melaksanakan pengamatan hilal di Pusat Observasi Bulan (POB) Pedalen Kabupaten Kebumen.

"BMKG Banjarnegara dengan koordinasi Kemenag Banjarnegara dan institusi terkait lainnya akan melakukan pengamatan hilal pada Selasa ini," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Selasa.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut juga akan dilakukan secara serentak di 26 wilayah di Tanah Air.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penentuan awal bulan Ramadhan 1439 Hijriah," katanya.

Kegiatan tersebut, tambah dia, akan disiarkan melalui media sosial "youtube".

"Informasi tambahan mengenai siaran melalui media sosial youtube tersebut akan kami sampaikan lebih rinci nantinya," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan peralatan yang akan dipergunakan pada saat kegiatan antara lain teleskop, theodolite atau alat sejenis teropong, dan juga GPS.

Dia mengatakan berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di lokasi pengamatan hilal di  POB Pedalen pada hari ini cerah berawan.

"Kita berharap cuaca cerah agar kegiatan pengamatan hilal nanti akan berlangsung dengan lancar dan tanpa ada kendala apapun," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa hasil pengamatan akan langsung dilaporkan ke Jakarta untuk kemudian menjadi salah satu masukan dalam sidang isbath penetapan awal Ramadhan.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024