Temanggung (Antaranews Jateng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bakal menggelar debat publik atau debat terbuka antarpasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Temanggung hanya sekali pada 5 Mei 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Yami Blumut, di Temanggung, Kamis, mengatakan debat publik akan dilaksanakan satu kali selama masa kampanye, meskipun menurut PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang Kampanye maksimal debat publik dapat dilaksanakan tiga kali.

"Dengan berbagai pertimbangan KPU Kabupaten Temanggung setelah berkoordinasi dengan tim kampanye pasangan calon, debat publik hanya dilaksanakan satu kali," katanya.

Ia mengatakan debat publik merupakan metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Temanggung pada masa kampanye.

Ia menuturkan tujuan kampanye debat publik, yakni menyebarluaskan profil, visi dan misi, serta program kerja para pasangan calon kepada pemilih, memberikan informasi yang komprehensif kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya.

Selain itu menggali dan mengelaborasi lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik.

Ia mengatakan tema debat publik secara umum merujuk pada kontekstualisasi visi, rencana strategis pembangunan dan isu-isu aktual di daerah masing-masing.

Secara spesifik, katanya tema-tema debat mencerminkan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kebangsaan, termasuk Program KB Nasional, penanggulangan narkoba, program keterpihakan terhadap disabilitas.

Ia mengatakan acara debat publik akan disiarkan langsung oleh Temanggung TV, dan empat stasiun radio, yakni RT FM, Santika FM, Ofa Radio dan O2 FM.

Debat publik akan dipandu oleh Dr. Fitriyah mantan Ketua KPU Jateng dan para panelis Prof Soegiyanto (Undip), Prof Totok Agung (Unsoed), Tanto Mendut, dan Dr. Arie Sujito.

KPU Kabupaten Temanggung sebelum acara debat telah menyelenggarakan acara sinkronisasi visi, misi dan program dengan pasangan calon dengan nara sumber dari Kepala Bappeda Temanggung, Bambang Dewantoro.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024