Purwokerto (Antaranews Jateng) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menginformasikan bahwa hingga saat ini tinggal 142 orang yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Hingga Selasa (24/4) sudah 925 orang melunasi BPIH, tinggal 142 orang yang belum," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Amirudin di Purwokerto, Rabu.

Dia mengatakan, proses pelunasan BPIH di Kabupaten Banyumas berjalan dengan lancar dikarenakan koordinasi yang baik dengan bank penerima setoran.

"Dari jumlah tersebut bank penerima setoran terbesar adalah Bank Syariah mandiri, lalu BRI Syariah, Bank Muamalat, BNI Syariah, dan bank lain," katanya.

Dia juga menambahkan, semua calon haji yang telah melunasi BPIH telah menerima kain batik dari bank, kain ihram, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kemenag Banyumas juga mengingatkan pelunasan BPIH tahap pertama mulai dilaksanakan sejak 16 April hingga 4 Mei 2018 mendatang.

Pelunasan tahap pertama diperuntukan bagi orang yang belum pernah haji sebelumnya.

Sedangkan tahap kedua, tambah dia, mulai dilaksanakan pada 16 Mei hingga 25 Mei mendatang.

"Tahap kedua diperuntukan bagi yang sudah pernah haji, usia lanjut yang lolos verifikasi, dan penggabungan suami dan istri yang terpisah, serta orang tua dan anak yang terpisah, Selain itu, apabila masih ada kuota diberikan kepada cadangan sebanyak lima persen," katanya.

Sementara itu, BPIH untuk Banyumas sebesar Rp35.933.275, sedangkan untuk tim pemandu haji daerah atau TPHD, masing-masing sebesar Rp63.640.120.


 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mugiyanto
Copyright © ANTARA 2024