Solo (Antaranews Jateng) - Perseroan Terbatas Pegadaian (Persero) mengharapkan peluncuran layanan "Pegadaian Digital Service" (PDS) belum lama ini mampu meningkatkan jumlah nasabah.

"Tepatnya pada tanggal 1 April 2018 bersamaan dengan HUT Ke-117 Pegadaian kami meluncurkan layanan PDS. Melalui layanan digital yang sangat mudah ini nasabah tidak harus mengantri di loket ketika akan melakukan transaksi. Jadi cukup melalui aplikasi," kata Pemimpin Cabang PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Purwotomo Nur Wakhid di Solo, Jumat.

Pihaknya berharap aplikasi tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah yang dilayani dari 9,5 juta orang pada tahun 2017 menjadi 11,5 juta nasabah pada tahun 2018.

Ia mengatakan PDS menambah produk yang selama ini sudah dijalankan oleh PT Pegadaian di antaranya gadai kredit cepat aman (KCA), produk kreasi, amanah, dan produk mulia.

Ia mengatakan untuk produk KCA tersebut, yaitu pemberian kredit kepada masyarakat dengan jaminan barang bergerak. Sedangkan produk kreasi yaitu pembiayaan kepada pengusaha mikro dengan jaminan BPKB kendaraan dengan sewa modal 1 persen/bulan.

"Kalau untuk produk amanah yaitu pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor roda dua hingga roda enam kepada karyawan dan pengusaha mikro," katanya.

Selanjutnya, untuk produk mulia, yaitu penyediaan kebutuhan investasi emas bagi masyarakat dengan cara tunai dan angsuran.

Sementara itu, sebagai rangkaian kegiatan HUT Pegadaian pihaknya menyelenggarakan sejumlah acara yang bertajuk "Pegadaian Literation Fair" yang bertujuan meliterasikan produk-produk kepada masyarakat di kota Surakarta.

"Pada program ini kami memberikan sejumlah fasilitas bertransaksi, mulai dari bebas sewa modal untuk gadai hingga `cashback`. Untuk acaranya nanti kami selenggarakan tanggal 8 April di kawasan `car free day` Jalan Slamet Riyadi Solo," katanya.

Pewarta : Aries Wasita Widi Astuti
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024