Magelang (Antaranews Jateng) - Majelis Pustaka Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah memiliki komitmen kuat untuk turut menumbuhkan budaya literasi di masyarakat sebagai bagian dari gerakan berkemajuan yang dilaksanakan organisasi tersebut.

"Kami turut menyuntikkan semangat warga Muhammadiyah mencintai literasi, sebagai gerakan berkemajuan. Kami akan menghadirkan Taman Pustaka sampai tingkat desa," kata Ketua MPI PWM Jawa Tengah Teguh Hadi Prayitno dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Senin, terkait dengan kegiatan Kopi Darat Jurnalis Muhammadiyah (JurnalisMu) dan pegiat literasi.

Ia menjelaskan tentang beberapa hal yang dilakukan Muhammadiyah untuk menumbuhkan budaya literasi tersebut, antara lain mengupayakan Taman Pustaka secara merata di semua daerah, bahkan hingga desa.

Selain itu, ujarnya, menyiapkan program kerja yang mampu menjadikan perpustakaan makin berkembang dengan dukungan pengelolaan secara berkelanjutan.

Ia mengharapkan Taman Pustaka mampu memberikan kemudahan akses informasi dan pengetahuan bagi masyarakat luas.

Pada kesempatan itu, Teguh juga mengatakan bahwa para jurnalis perlu memiliki kemampuan yang memadai dalam menyajikan berita secara menarik sehingga layak dikonsumsi masyarakat.

Dalam waktu dekat, pihaknya menyelenggarakan uji kompetensi jurnalis Muhammadiyah.

Ia mengharapkan uji kompetensi itu membawa para jurnalis di persyarikatan tersebut memiliki kompetensi dan berkontribusi membesarkan organisasi yang didirikan K.H. Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 di Yogyakarta itu.

"Dengan organisasi yang besar maka harapannya akan semakin besar pula peran dan kontribusinya bagi umat dan bangsa," katanya.

Wakil Ketua MPI PWM Jateng Mukhtar Arifin Sholeh mengharapkan Taman Pustaka menjadi tempat masyarakat membaca berbagai buku keagamaan, keorganisasian, maupun pengetahuan umum.

Pihaknya juga berencana menggelar pelatihan bagi peningkatan kompetensi pustakawan atau pengelola perpustakaan, sedangkan dalam waktu dekat memperbaiki data basis koleksi buku di Taman Pustaka yang telah ada.

Hadir dalam Kopi Darat JurnalisMu dan pegiat literasi di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Magelang yang diikuti sekitar 70 perwakilan MPI kabupaten dan kota se-Jateng tersebut, antara lain Wakil Ketua MPI Pimpinan Pusat Muhammadiyah Widyastuti dan wakil PWM Muhammadiyah Jateng Jumari.

 

Pewarta : Maximianus Hari Atmoko
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024