Jakarta (Antaranews Jateng) - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, mencatatkan waktu tercepat pada kualifikasi jelang seri pembuka Grand Prix Formula 1 musim 2018 di Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia, Sabtu.

Keberhasilan Hamilton semakin lengkap dengan terciptanya catatan waktu tercepat yaitu 1 menit 22,051 detik pada Q2 dan menjadi posisi pole kelimanya di Australia sepanjang karir pria asal Inggris itu.

Pada akhir Q3, Lewis Hamilton yang berstatus juara bertahan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 21.164 detik, memimpin 0,664 detik dari pebalap Ferrari Kimi Raikkonen di urutan kedua.

Saingan terdekat Hamilton dari Ferrari pada musim lalu, Sebastian Vettel, berada di posisi tiga dengan selisih waktu 0,674 detik diikuti dua pebalap Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo, di urutan lima dan enam.

Pada jalannya kualifikasi di sirkuit sepanjang 5,3 kilometer dengan kondisi cuaca yang kering itu, Kimi Raikkonen terlihat lebih cepat dari rekan setimnya, Sebastian Vettel, sejak awal sesi kualifikasi.

Kendati memulai sesi dengan lambat, namun Hamilton akhirnya tampil lebih cepat untuk merepotkan Raikkonen.

Sayangnya, sesi kualifikasi ini diwarnai kecelakaan yang dialami pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, yang kehilangan kendari pada tikungan kedua sehingga mobilnya menabrak dinding.

Bottas kemudian dibawa oleh tim medis sebelum dinyatakan bahwa pebalap Finlandia itu dalam kondisi yang baik, menurut laman Autosport.

Adapun balapan seri pembuka Formula 1 musim kompetisi 2018 di Australia ini akan digelar pada Minggu besok pukul 12.10 WIB.

Berikut hasil kualifikasi dilansir laman F1:
 
Pos Pebalap Tim
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Lewis Hamilton
Kimi Räikkönen
Sebastian Vettel
Max Verstappen
Daniel Ricciardo
Kevin Magnussen
Romain Grosjean
Nico Hulkenberg
Carlos Sainz
Valtteri Bottas
Fernando Alonso
Stoffel Vandoorne
Sergio Perez
Lance Stroll
Esteban Ocon
MERCEDES
FERRARI
FERRARI
RED BULL
RED BULL
HAAS FERRARI
HAAS FERRARI
RENAULT
RENAULT
MERCEDES
MCLAREN RENAULT
MCLAREN RENAULT
FORCE INDIA
WILLIAMS
FORCE INDIA

 

 


Pewarta : Alviansyah Pasaribu
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024