Sukoharjo (Antaranews Jateng) - Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi mengatakan anggota Satuan Lindungan Masyarakat (Satlinmas) harus proaktif mencermati situasi dan kondisi wilayahnya dalam rangka deteksi dini potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman warga pada pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Satlinmas juga harus siap membantu ketertiban saat kegiatan kampanye dan petugas tempat pemungtan suara (TTS) pada pelaksanaan pemungutan suara pilgub dan pilkada serentak sehingga berlangsung aman, tertib dan lancar," kata Wabup di sela memimpin upacara Apel Siaga Satlinmas se-eks Keresidenan Surakarta, Jumat.

Selain itu, Wabup juga berharap anggota Satpol PP bertindak netral menghadapi Pilkada serentak 2018 ini. Hal itu, karena jika ketahuan ikut berpolitik mereka dapat terkena sanksi. Mereka juga diminta untuk komitmen menjaga keamanan bersinergi dengan TNI dan Polri.

Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah Ninik Mardiastuti mengatakan persiapan Satlinmas dalam Pilkada seretak dan Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah diberikan pembekalan sejak 2017, bagaimana mampu mengamankan situasi untuk menjaga wilayahnya tetap kondusif.

Menurut Ninik Mardiastuti, Satlinmas menjadi garda terdepan segala informasi dari wilayah masing-masing, sehingga dengan adanya gelar apel siaga Satlinmas se-eks Keresidenan Surakarta yang dipusatkan di Sukoharjo ini, mereka mampu bertugas yang menjadi kewajiban di wilayahnya masing-masing.

Pada waktu pelaksanaan Pilkada serentak dan Pilgub Jateng, mereka juga akan mengawal di setiap tempat pemungutan suara (TTS) daerah masing-masing. Mereka berperan sekali dalam mengamankan kesiapan Pilgub atau pilkada serentak 2018.

Ia mengatakan jumlah anggota Satlinmas di Jateng seluruhnya sebanyak 335.000 personel yang siap menjaga wilayahnya masing-masing pada Pilkada serentak dan Pilgub tahun ini.

"Jateng ada tujuh daerah pemilihan yakni provinsi (pilgub), dan kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada. Kegiatan apel siaga ini, rencana ada enam wilayah pertama di Pekalongan, kedua di Sukoharjo ini, dan selanjutnya di setiap keresidenan akan dilaksanakan," kata Ninik.

Ninik meminta Satlinmas peduli terhadap lingkungan masing-masing karena mereka sudah diberikan pengetahuan dan dibekali mengenai bagaimana deteksi dini untuk segera dilaporkan ke pimpinannya.

Menyinggung soal netralitas terkait pilkada, Ninik berharap untuk terus dijaga khususnya untuk aparatur sipil negara (ASN). Semua anggota diharapkan netral.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan pada kegiatan apel siaga Satlinmas se-eks Keresidenan Surakarta yang dipusatkan di Sukoharjo, diikuti sebanyak 1.500 personel dari Kota Surakarta, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan tuan rumah Sukoharjo.

"Anggota Satliman Sukoharjo ada 300 personel yang nantinya ikut mengamankan pelaksanaan Polkada disetiap TPS ada dua personel," kata Heru.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024