Batang (Antaranews Jateng) - Komando Distrik Militer 0736/Batang, Jawa Tengah, mengingatkan masyarakat tidak terprovokasi pihak yang tidak bertanggung jawab menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2018.

Komandan Kodim 0736/Batang, Letkol Kav. Henry Rudi Judianto Napitupulu di Batang, Kamis siang, mengatakan bahwa kondisi wilayah Kabupaten Batang yang kini sudah kondusif agar lebih ditingkatkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tindakan provokasi kepada masyarakat.

"Mari kita jaga kedewasaan berpolitik. Kendati demikian kami yakin masyarakat Batang yang sudah `guyup rukun` ini akan tetap terjaga menjelang Pilgub 2018," kata Dandim pada acara silaturahim dengan para wartawan.

Ia mengatakan menjelang Pilgub 2019 dimungkinkan bisa terjadi benturan antarpendukung sehingga hal tersebut perlu diantisipasi sedini mungkin oleh semua pihak.

"Oleh karena, kami mengajak masyarakat menjaga kerukunan dan keamanan demi untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Peran media sangat penting," katanya.

Mantan Pabandya Lid Sinteldam IV Diponegoro itu mengatakan jika wilayah Batang kondusif maka daerah ini akan terjual dengan bagus karena masyarakat luar akan merasa nyaman dan terjaga keamanannya.

"Oleh karena, mari kita jalin kerukunan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Kita jangan mudah terprovokasi terhadap pihak yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Dandim menambahkan jalinan komunikasi dengan media sangat penting sehingga semua pihak tidak perlu takut dengan wartawan.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024