Purwokerto (Antaranews Jateng) - Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) memiliki peran strategis dalam mengintegrasikan dan menyinergikan agenda Pemerintah Kabupaten Banyumas, kata Pelaksana Tugas Bupati Banyumas Budhi Setiawan.

"CSR harus dipandang sebagai investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan. CSR tidak lagi dilihat sebagai sarana biaya, melainkan sebagai sarana meraih keuntungan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Budhi mengatakan hal itu saat memberi sambutan dalam pelantikan pengurus Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) "Satria" Kabupaten Banyumas Periode 2018-2021 di Pendopo Sipanji, Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, CSR merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan sekaligus wujud komitmen moral perusahaan untuk mendistribusi keuntungan-keuntungannya membangun masyarakat.

Ia mengharapkan kehadiran Forum TSP "Satria" bisa menjadi media komunikasi, koordinasi, konsolidasi, dan sinergi dunia usaha dalam rangka menyukseskan agenda-agenda pembangunan daerah secara berkelanjutan serta mendorong partisipasi kalangan pengusaha atau perusahaan untuk berkiprah lebih progresif.

"Forum ini menjadi sangat penting dan strategis untuk mengintegrasikan dan menyinergikan agenda Pemerintah Kabupaten Banyumas dan agenda CSR perusahaan dalam rangka percepatan pembangunan daerah maupun dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banyumas," katanya.

Ketua Forum TSP "Satria" Fatria Rahmadi mengatakan pihaknya akan segera merapatkan barisan, melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan konsolidasi agar menjadi tim kerja yang solid dalam rangka melaksanakan tugas-tugas forum.

"Kami akan segera mendata perusahaan atau usaha perseorangan, merencanakan, merumuskan, menyusun dan memverifikasi, mengkoordinasikan program-program TSP, serta menghimpun dana dari perusahaan yang memiliki kewajiban maupun secara suka rela untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Banyumas," katanya.

Forum TSP "Satria" yang diketuai Fitria Rahmadi dari PT. Sinar Tambang Arthalestari atau Semen Bima itu beranggotakan 31 orang yang tidak hanya berasal dari unsur perusahaan karena melibatkan pula akademisi, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, praktisi, dan wartawan. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024