Temanggung (Antaranews Jateng) - Puluhan wartawan yang bertugas di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menebar ribuan benih ikan di Sungai Galeh Parakan dalam memeperingati Hari Pers Nasional 2018.

Wakil Ketua PWI Kabupaten Temanggung, Zaini Arrosyid di Temanggung, Sabtu, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian lingkungan para awak media untuk ikut melestarikan lingkungan.

Bakti lingkungan yang berlangsung di bawah jembatan gantung Sekrikil, Parakan ini juga diikuti masyarakat dan Pramuka.

Zaini menuturkan penebaran benih ikan melem dan koi bekerja sama dengan Mina Papilon Parakan ini untuk menjaga ekosistem sungai.

"Melalui kegiatan ini kami juga mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai, jangan menangkap ikan dengan cara meracun atau menyetrum karena akan merusak ekosistem sungai," katanya.

Selain menebar benih ikan, katanya dalam bakti lingkungan ini para wartawan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung menanam puluhan bibit, yakni jenis pucuk merah dan damar.

Ia mengatakan penanaman pohon di bantaran sungai ini selain sebagai peneduh dimaksudkan untuk mencegah erosi.

Setelah menanam pohon dan menebar benih ikan, para wartawan menyelenggarakan syukuran dengan memotong tumpeng di sekitar jembatan gantung sekrikil.

Menurut dia selain bakti lingkungan, dalam memperingati HPN 2018 di Kabupaten Temanggung juga akan diselengagrakan bakti sosial. 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024