Solo (Antaranews Jateng) - Polres Kota Surakarta sudah menyiapkan pola pengamanan untuk mengantisipasi kerusuhan pada pertandingan babak semifinal Piala Presiden 2018 antara tuan rumah PSMS Medan melawan Persija Jakarta di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2) malam.

"Kami sudah siapkan pola pengamanan pertandingan sepak bola antara PSMS melawan Persija yang akan dihadiri ribuan suporter Jakmania," kata Wakil Polresta Surakarta AKBP Andhy Rifai usai memberikan kejutan tumpeng kepada para jurnalis memperingati Hari Pers Nasional 2018 di Mapolresta Surakarta, Jumat.

Menurut Andhy Rifai, pihaknya sudah merencanakan semuanya, jumlah kekuatan personel pengamanan juga cukup, dan Jumat ini, masing-masing koodinator lapangan (korlap) dikumpulkan untuk menyamakan persepsi, terkait masalah pertandingan PSMS melawan Persija, khususnya para suporter yang akan datang langsung mendukung timnya.

"Kami melakukan antisipasi dengan koordinasi masing-masing korlap suporter, dan mereka juga komitmen untuk bisa menjaga kelangsungan pertandingan dengan baik," katanya.

Andhy Rifai berharap pertandingan antara PSMS melawan Persija berjalan lancar dan aman, serta tidak ada konflik antarsuporter.

Suporter Jakmania dari informasi yang diterima akan menghadirkan lebih dari 10.000 orang, kata Andhy, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan polres lainnya yang jalurnya dilewati para suporter untuk dilakukan pengawalan menuju stadion dan sebaliknya.

"Rombongan suporter akan dikawal saat melintas sepanjang jalur menuju Solo," kata Wakapolres.

Menyinggung soal perizinan pertandingan PSMS melawan Persija, pihaknya sudah mengirimkan surat usulan ke Polda Jateng, dan pada Jumat ini, segera turun ke Polres.

"Kami akan menurunkan sebanyak 1.500 personel baik dari Polresta Surakarta, TNI dan petugas internal Panpel," katanya.

Pada pertandingan babak semifinal Piala Presiden 2018 antara PSMS Medan selaku tuan rumah menjamu Persija Jakarta akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Sabtu (10/2) sekitar pukul 19.30 WIB, sedangkan pertandingan kedua Persija selaku tuan rumah digelar Senin (12/2), sekitar pukul 14.30 WIB. 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024