Batang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah siap mengambangkan 30 curug sebagai tempat tujuan wisata sekaligus mendukung program tahun kunjungan wisata 2022 atau "Batang Heaven of Asia".

Bupati Batang Wihaji di Batang, Senin, mengatakan bahwa saat ini pemkab terus melakukan inventarisasi dan pembenahan objek wisata curug maupun potensi objek wisata lainnya yang nantinya dapat menjadi andalan sebagai tempat kunjungan wisatawan.

"Ada sekitar 30 curug yang akan terus kami kembangkan. Adapun yang sudah kami kembangkan ada empat objek wisata curug, satu di antaranya adalah Curug Si Kumbang," katanya.

Ia mengatakan pemkab memastikan akan memfasilitasi pengembangan objek wisata curug itu dengan membangun infrastruktur yang memadai meski nantinya dilakukan secara bertahap karena hal itu akan menyesuaikan anggaran yang ada.

"Pengembangan pariwisata merupakan salah satu program prioritas pemkab. Oleh karena, kami akan membenahi fasilitas dan membangun infrastruktur menuju ke tempat objek wisata," katanya.

Menurut dia, wilayah Kabupaten Batang banyak memiliki potensi objek wisata unggulan yang patut ditawarkan pada wisatawan agar berminat berkunjung ke daerah itu.

Beberapa tempat wisata unggulan itu selain curug, kata dia, antara lain Pantai Jodo, Sigandu, Agrowisata Pagilaran, Dholphin Center, dan objek wisata paralayang.

"Oleh karena itu, untuk membangun pariwisata yang andal dan nantinya dapat menjadi daya tarik wisatawan maka perlu adanya keterlibatan semua pihak, termasuk dari masyarakat," katanya.

Ia menambahkan kondisi beberapa curug yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan air laut itu memang masih alami dan memiliki keindahan alam yang menarik, serta berhawa sejuk sehingga patut ditawarkan pada wisatawan. 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024