Banyumas (Antaranews Jateng) - Seorang pria dilaporkan terjun ke Bendung Gerak Serayu, Desa Gambarsari, Kabupaten Banyumas, saat tim "search and rescue" gabungan sedang mencari bocah yang tenggelam di Sungai Serayu, kata Koordinator Taruna Siaga Bencana Banyumas Ady Candra.

"Berdasarkan laporan yang kami terima dari anggota TRC IKB RAPI atau Tim Reaksi Cepat Informasi Kebencanaan Radio Antar-Penduduk Indonesia, seorang pria yang tidak diketahui identitasnya itu terjun ke Pintu Nomor 4-5 Bendung Gerak Serayu pada Senin pukul 08.30 WIB," katanya di Desa Gambarsari, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan kejadian itu diketahui oleh salah seorang anggota TRC IKB RAPI, Abdul Rosyid (53) yang bertugas di Bendung Gerak Serayu untuk mencari seorang bocah tenggelam di Sungai Serayu.

Dalam hal ini, Abdul Rosyid melihat ada seorang pria yang turun dari sepeda motor dan selanjutnya terjun ke bagian bawah bendungan, yakni di antara pintu nomor 4 dan nomor 5.

Setelah melihat kejadian tersebut, Abdul Rosyid segera berteriak memanggil rekannya, Kirno (35) yang juga sedang bertugas di tempat itu.

Terkait dengan kejadian tersebut, Ady mengatakan tim SAR gabungan yang terdiri atas Badan "Search and Rescue" Nasional Pos SAR Cilacap, Tagana Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyumas, TRC IKB RAPI, SAR Banyumas dan SAR SMK SPM Nasional Purwokerto segera membagi tim untuk mencari pria itu ke arah hilir Sungai Serayu sejauh dua kilometer hingga di bawah Jembatan Soeharto, Rawalo.

"Pria yang tidak diketahui identitasnya itu meninggalkan satu unit sepeda motor Supra X 125 berpelat nomor R 5965 AJ yang saat ini sudah diamankan di Polsek Kebasen. Pria tersebut diketahui memakai kaos lengan pendek warna hitam dan celana pendek warna coklat gelap," katanya.

Ia mengimbau bagi warga yang mengenali pemilik sepeda motor atau pria dengan ciri-ciri tersebut untuk menghubungi Polsek Kebasen.

Disinggung mengenai pencarian terhadap bocah yang tenggelam di Sungai Serayu, dia mengatakan hingga saat ini masih dilakukan dengan menggunakan perahu karet.

Diwartakan, seorang bocah bernama Denis Ardiansah (10), anak dari Eni, warga Desa Sokawera RT 03 RW 04, Kecamatan Patikraja, Banyumas, dilaporkan tenggelam di Sungai Serayu pada hari Minggu (28/1) sekitar pukul 16.30 WIB.

Sebelum kejadian, Denis diketahui sedang mandi bersama dua temannya di Depo Pasir, Desa Wlahar Kulon, Kecamatan Patikraja, Banyumas. Karena belum pandai berenang, Denis terseret air Sungai Serayu hingga akhirnya tenggelam. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024